Pengertian Misi

Pengertian MisiMisi adalah/ Misi yaitu/ Misi merupakan/ yang dimaksud Misi/ arti Misi/ definisi Misi.
Pengertian Misi

Misi (mission) adalah apa sebabnya kita ada (why we exist/ what we believe we can do). Pernyataan misi harus mampu menentukan kebutuhan apa yang dipuasi oleh perusahaan, siapa yang memiliki kebutuhan tersebut, dimana mereka brada, dan bagaimana pemuasan tersebut dilakukan.
Menurut Drucker (2000:87), pada dasarnya misi merupakan alasan mendasar eksistensi suatu organisasi. Pernyataan misi organisasi, terutama di tingkat unit bisnis menentukan batas dan maksud aktivitas bisnis perusahaan. Jadi perumusan misi merupakan realisasi yang akan menjadikan suatu organisasi mampu menghasilkan produk dan jasa berkualitas yang memenuhi kebutuhan, keinginan, dan harapan pelanggannya. Menurut Wheelen sebagaimana dikutip oleh Wibisono, misi merupakan rangkaian kalimat yang menyatakan tujuan atau alasan eksistensi organisasi yang memuat apa yang disediakan oleh perusahaan kepada masyarakat, baik berupa produk ataupun jasa.
Misi adalah beberapa penjabaran secara tertulis mengenai makna visi yang terkesan sulit dimengerti dan harus diusahakan agar seluruh staf perusahaan menjadi paham dan jelas. Definisi lain dari misi adalah tindakan untuk merealisasikan visi perusahaan karena visi perusahaan harus mengkomodasi semua kelompok kepentingan. Secara sederhana misi adalah bagaimana cara Anda mewujudkan sebuah visi. Dalam misi terkandung hal-hal berikut.
a. Tujuan dan alasan keberadaan suatu organisasi.
b. Tindakan dan langkah-langkah yang harus dilakukan.
c. Alasan bisnis Anda harus berkembang.
d. Cara mewujudkan tujuan anda.
Jadi, misi adalah usaha, pemikiran, dan langkah-langkah formal untuk mewujudkan sebuah visi, artinya tindakan untuk memperjelas apa yang dikehendaki oleh pemilik perusahaan dan menjadi pengangan untuk menjalankan suatu usaha pada masa sekarang dan yang akan datang, hingga visi yang telah dditetapkan dapat terwujud.
Seorang wirausahawan yang berhasil merumuskan misi perusahaannya, harus segera mengkomunikasikan misi tersebut kepada seluruh karyawannya sehingga dapat bekerja sesuai dengan apa yang diharapkan dalam suatu misi. Untuk mengupayakan komunikasi yang efektif dari adanya misi perusahaan, maka wirausahawan harus melakukan hal berikut.
a. Menguraikan misi perusahaan dan memperbanyak serta dibagikan kepada karyawan perusahaan.
Menciptakan motto, misi, dan menempelkannya ditempat yang mudah dilihat para karyawan atau ditempat papan pengumuman. Contohnya "utamakan kenyamanan baru bayaran".
Berdasarkan penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa pengertian misi sebagai berikut:
a. Tindakan unduk merealisasikan visi perusahaan.
b. Artikulasi kemampuan perusahaan untuk dapat melakukan tugas berbagai pihak yang terkait dengan perusahaan.
c. Pernyataan yang ingin dicapai oleh perusahaan.
d. Sesuatu yang harus dibuat dan dilaksanakan oleh organisasi perusahaan agar tujuannya berhasil dengan baik.
Itulah penjelasan tentang Pengertian Misi, semoga apa yang saya sampaikan diatas bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait