Pengertian Hujan

Pengertian HujanHujan adalah/ Hujan yaitu/ Hujan merupakan/ yang dimaksud Hujan/ arti Hujan/ definisi Hujan.
Pengertian Hujan

Hujan yaitu Peristiwa jatuhnya titik-titik dari atmosfer ke permukaan bumi secara alami disebut hujan. Sebelum hujan, terjadi penguapan yang kemudian membentuk awan. Dari awan ini, karena pengeruh angin atau karena massa awan telah jenuh, maka terjadilah hujan. Alat pengukur curah hujan adalah fluviometer.
Hujan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
1. Berdasarkan bentuknya, hujan dibedakan menjadi 3 sebagai berikut:
a. Hujan (rain) yaitu curah hujan dengan titik air berbentuk cair dan mempunyai ukuran diameter 0,5-4,0 mm.
b. Salju (snow), yaitu terjadi karena sublimasi uap air pada temperatur di bawah titik beku.
c. Hujan es (hail stone) yaitu terjadi dari butir-butir es dengan diameter 5-50 mm.
2. Berdasarkan proses terjadinya, hujan dibedakan menjadi 3 sebagai berikut:
a. Hujan orografis (hujan relief) yaitu terjadi karena naiknya aliran udara dari laut yang hangat dan banyak mengandung uap air, melintasi lereng pegunungan yang terdapat di tepi pantai. Setelah sampai diatas pegunungan, udara akan mengalami pendinginan, kemudian mengembun dan jatuh sebagai hujan.
b. Hujan konveksi (hujan zenital) yaitu hujan yang terjadi pada saat daratan mengalami pemanasan yang tinggi menyebabkan banyak penguapan. Udara yang banyak mengandung uap air akan naik. Makin tinggi suatu tempat, suhunya bertambah dingin lalu terjadilah pengembunan dan kemudian turun menjadi hujan.
c. Hujan konvergen (hujan frontal) yaitu hujan yang terjadi karena adanya pertemuan antara massa udara panas dengan massa udara dingin. Hujan ini umumnya memiliki ciri sangat lebat dan disertai banyak guntur, bahkan angin ribut. Hujan konvergen biasanya terjadi di daerah tropis.
Demikian yang bisa saya bagikan kali ini tentang Pengertian Hujan, semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait