Pengertian Patahan

Pengertian PatahanPatahan adalah/ Patahan yaitu/ Patahan merupakan/ yang dimaksud Patahan/ arti Patahan/ definisi Patahan.
Pengertian Patahan

Patahan atau retakan merupakan hasil dari gerakan tekanan horizontal dan tekanan vertikal yang menyebabkan lapisan kulit bumi yang rapuh menjadi retak dan patah. Pada suatu patahan, bagian yang terangkat lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya disebut horst. Daerah patahan yang turun atau tenggelam dibandingkan dengan daerah sekitarnya disebut graben atau slenk.
Berdasarkan arah gerak blok batuan disepanjang bidang patahan, bentuk patahan dibedakan menjadi 4 (empat) sebagai berikut:
1. Patahan Normal (Normal Fault)
Patahan normal adalah patahan yang arah gerak blok buatannya mengikuti arah gaya berat batuan yang menuju ke bawah sepanjang bidang patahan.
2. Patahan berlawanan (Reverse Fault)
Patahan berlawanan adalah patahan yang arah gerak blok batuannya berlawanan dengan arah gerak patahan normal, yaitu mengarah ke atas.
3. Patahan atau celah lurus (Strike-Slip Fault)
Patahan celah lurus addalah patahan yang terjadi pada batuan yang arah patahannya secara horizontal. Bagian yang bergerak menjauhi bagian kanan bidang dinamakan left-fault. Sebalinya bagian yang bergerak menjauhi bagian kiri bidang dinamakan right-fault. Patahan ini terjadi karena gaya yang mengenai sebuah batuan berasal dari samping atau gaya melintang.
4. Patahan Celah Miring (Oblique-Slip Fault)
Patahan celah miring merupakan gabungan dari normal fault dan strike-slip fault, sehingga pergerakan batuan terjadi secara naik atau turun serta mengalami pergerakan horizontal ke akanan atau ke kiri. Patahan ini disebabkan oleh gaya tekan dari atas atau dari bawah dan gaya samping yang diberikan/ dikenakan pada batuan.
Mudah-mudahan apa yang saya sampaikan tentang definisi patahan diatas bisa menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait