Pengertian seismograf

Pengertian seismografseismograf adalah/ seismograf yaitu/ seismograf merupakan/ yang dimaksud seismograf/ arti seismograf/ definisi seismograf.
Pengertian seismograf

seismograf yaitu alat pencatat getaran gempa. Alat ini terjadi atas benda stasioner, jarum dan pita. Jika terjadi gempa, massa stasioner dan jarum tetap, yang bergerak adalah benda yang berisi rol pita yang dipanjangkan di tanah. Karena ujung jarum menempel pada rol pita, maka apabila terjadi gempa akan tergambar getaran gempa pada pita tersebut. Itulah yang dinamakan seismogram. Ada 2 macam seismograf sebagai berikut:
a. Seismograf Horizontal
Seismograf horizontal untuk mencatat getaran bumi pada arah mendatar. massa stasioner digantung dengan sebuah tali, di bagian bawah terdapat jarum yang ujungnya menyentuh rol pita yang selalu berputar searah jarum jam. Tiang penopang rol pita terpasang apda tanah. Pada waktu terjadi gempa rol pita bergerak sedangkan massa stasioner dan jarum tetap, maka terbentuklah goresan pada rol pita tersebut.
b. Seismograf vertikal
Seismograf vertikal untuk mencatat getaran gempa vertikal. Massa stasioner dalam hal ini ditahan oleh sebuah pegas dan sebuah tangkai yang bersegel. Ujung massa stasioner yang berjarum disentuhkan pada rol pita yang selalu bergerak searah jarum jam. Jika terjadi getaran gempa, maka rol pita bergerak dan akan terbentuk seismogram pada rol pita tersebut.
dengan menggunakan seismograf horizontal dan vertikal, getaran gempa bumi yang horizontal maupn vertikal dapat tercatat. gambar getaran gempa horizontal akan lebih lengkap jika dipasang dua seismograf horizontal. Satu dipasang arah utara-selatan, yang lain arah barat-timur. Jadi, untuk menentukan dari arah mana gempa itu, maka harus dipasang tiga sesmograf, yaitu satu sismograf vertikal dan duan seismograf horizontal.
Itulah penjelasan tentang definisi seismograf, semoga apa yang telah saya sampaikan diatas bermanfaat buat anda.

Artikel Terkait