Pengertian Tumbukan

Pengertian TumbukanTumbukan adalah/ Tumbukan yaitu/ Tumbukan merupakan/ yang dimaksud Tumbukan/ arti Tumbukan/ definisi Tumbukan.
definisi Tumbukan

Salah satu peristiwa yang berhubungan erat dengan momentum dan impuls adalah tumbukan. Tumbukan merupakan peristiwa tabrakan antara dua benda karena adanya gerakan. Dalam tumbukan, dua benda dapat sama-sama bergerak, dapat juga satu benda bergerak dan benda lainnya tidak bergerak. Selain itu, arah gerak dua benda dapat searah dan dapat berlawanan arah.
1. Sifat kekekalan energi
tumbukan melibatkan dua hukum pokok dalam interaksi benda-benda yang bergerak. Dua hukum tersebut adalah hukum kekalan momentum dan hukum kekekalan energi mekanik. Hukum kekekalan momentum dapat ditulis sebagai berikut.
m1v1+m2v2=m1v1’+m2v2
Rumus hukum kekekalan energi mekanik sebagai berikut.
Ep1+Ek1=Ep2+Ek2

Pada peristiwa tumbukan, ketinggian benda adalah sama h1=h2=h1’=h2’. Hal ini menyebabkan energi potensial tidak berperan, sehingga hanya energi kinetik saja yang mempunyai peran dalam suatu tumbukan. Hubungan antara momentum dan energi kinetik dapat dirumuskan sebagai berikut.
Ek=1/2 mv2 atau Ek=p2/2m
2. Jenis-jenis tumbukan
Berdasarkan sifat benda, tumbukan mempunyai jenis yang berbeda-beda. Sebelum anda mempelajari jenis-jenis tumbukan, anda harus memahami nilai koefisien restitusi (e) dari suatu benda. Koefisien restitusi (e), yaitu nilai yang menunjukkan tingkat kelentingan benda dalam peristiwa tumbukan.
Koefisien restitusi dirumuskan sebagai berikut.

Keterangan:
v1=kecepatan gerak benda 1 sebelum tumbukan (m/s)
v2=kecepatan gerak benda 2 sebelum tumbukan (m/s)
v1’=kecepatan gerak benda 1 sesudah tumbukan (m/s)
v2’=kecepatan gerak benda 1 sesudah tumbukan (m/s)
Jenis-jenis tumbukan antara lain tumbukan lenting sempurna, tumbukan lenting sebagian dan tumbukan tak lenting sama sekali.
a. Tumbukan Lenting sempurna
Pada tumbukan lenting sempurna, berlaku hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi mekanik. Pada tumbukan lenting sempurna, kecepatan benda setelah tumbukan dapat diketahui melalui persamaan-persamaan berikut.
Momentum sebelum tumbukan= momentum sesudah tumbukan
m1v1+m2v2=m1v1’+m2v2
b. Tumbukan lenting sebagian
Pada tumbukan lenting sebagian, kecepatan gerak benda akan berkurang. Besarnya koefisien restitusi dirumuskan sebagai berikut.
Momentum sebelum tumbukan= momentum sesudah tumbukan
m1v1+m2v2=m1v1’+m2v2
c. Tumbukan tak lenting sama sekali
Tumbukan tak lenting sama sekali mempunyai perbedaan dengan dua tumbukan lainnya. Perbedaanya terletak pada massa total dan kecepatan benda setelah bertumbukan serta arahnya. Rumus tumbukan tak lenting sama sekali sebagai berikut.
Momentum sebelum tumbukan= momentum sesudah tumbukan
m1v1+m2v2=m1v1’+m2v2
Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai Pengertian tumbukan dalam bidang ilmu fisika.

Artikel Terkait