Pengertian Alur

Pengertian AlurAlur adalah/ Alur yaitu/ Alur merupakan/ yang dimaksud Alur/ arti Alur/ definisi Alur.
yang dimaksud Alur

Alur merupakan rangkaian yang membentuk sebuah cerita. Peristiwa-peristiwa tersebut saling berhubungan satu dengan yang lain secara runtut sehingga terjalin suatu cerita yang bulat.
Tahapan alur sebuah cerita dibagi atas beberapa bagian seperti berikut ini.
a. Tahap penyituasian atau pengantar
Tahap ini merupakan tahap pembukaan cerita atau pemberian informasi awal, terutama berfungsi untuk melandasi cerita yang dikisahkan pada tahap berikutnya.
b. Tahap pemunculan konflik
Tahap ini merupakan tahap awal munculnya konflik. Konflik itu sendiri akan berkembang menjadi konflik-konflik pada tahap berikutnya. Peristiwa-peristiwwa yang menjadi inti cerita semakin mencegangkan dan menegangkan.
c. Tahap klimaks
Konflik-konflik yang terjadi atau ditampakan kepada para tokoh cerita mencapai tilik intensitas puncak. Klimaks sebuah cerita akan dialami oleh tokoh-tokoh utama yang berperan sebagai pelaku dan penderitaan terjadinya konflik utama.
d. Tahap peleraian
Konflik yang telah mencapai klimaks diberi penyelesaian. Ketegasan dikendurkan. Konflik-konflik tambahan (jika ada) juga diberi jalan keluar, kemudian cerita diakhiri. Tahap ini disesuaikan dengan tahap akhir di atas.
e. Tahap penyelesaian
Pada tahap ini konflik telah diatasi atau diselesaikan oleh tokoh. Cerita dapat diakhiri dengan gembira (happy ending) atau sedih (sad ending).
Demikian penjelasan tentang pengertian alur, sekarang sudah paham kan apa yang dimaksud dengna alur dalam sebuah cerita.

Artikel Terkait