Pengertian Akulturasi

Pengertian AkulturasiAkulturasi adalah/ Akulturasi yaitu/ Akulturasi merupakan/ yang dimaksud Akulturasi/ arti Akulturasi/ definisi Akulturasi.
Akulturasi yaitu

Akulturasi merupakan suatu proses perubahan di mana terjadi penyatuan kebudayaan yang berbeda sehingga unsur kebudayaan asing itu lambat laun dapt diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kebudayaan sendiri.
Proses akulturasi berlangsung dalam jangka waktu yang relatif lama. Hal itu disebabkan karena adanya unsur-unsur kebudayaan asing yang diserap (diterima) secara selektif, dan ada unsur budaya asing yang tidak diterima atau ditolak sehingga proses perubahan kebudayaan melalui mekanisme akulturasi masih memperhatikan adanya unsur-unsur komunikasi antara dua kelompok masyarakat yang berbeda kebudayaan. Contohnya mengenal sistem uang perbankan, industri, sistem pendidikan, berpakaian, tata cara pergaulan, dan sistem pemerintahan.
Berikut faktor-faktor yang menyebabkan unsur budaya asing dapat diterima.
- Tidak ada hambatan geografis (isolasi geografis).
- Kebudayaan asing memberi manfaat yang lebih besar bagi si pemakai. Contohnya pemakaian sepeda motor dan truk pengangkut.
- Adanya persamaan dengan kebudayaan lama.
- Adannya kesamaan pengetahuan dan keterampilan sehingga mudah diseduaikan dengan masyarakat penerima. Contohnya penerangan listrik menggantikan penerangan tradisional.
- Kebudayaan tersebut bersifat kebendaan. Contohnya benda-benda peralatan rumah tangga dan alat-alat pertanian.
Sedangkan unsur-unsur budaya asing yang sukar diterima karena adanya faktor-faktor berikut.
- Unsur-unsur kebudayaan yang bersifat abstrak.
- kebudayaan tersebut kecil sekali manfaat atau gunanya. Contohnya mode pakaian.
- Unsur-unsur kebudayaan tersebut sukar disesuaikan dengan keadaan masyarakat penerima.
Berikut bentuk-bentuk akulturasi.
1. Substitusi, yaitu unsur budaya lama diganti dengan unsur budaya baru yang memberikan nilai lebih bagi para penggunanya. Contohnya ojek sepeda dengan sepeda motor dan para petani mengganti alat bajak sawah dengan traktor.
2. Sinkretisme, yaitu unsur-unsur budaya lama yang berfungsi berpadu dengan unsur-unsur budaya yang baru sedemikian serasinya sehingga membentu sistem baru.
3. Adisi, yaitu unsur budaya lama yang masih berfungsi ditambah unsur budaya baru sehingga memberikan nial lebih.
4. Dekultrasi, yaitu unsur budaya lama hilang karena diganti dengan unsur budaya baru.
5. Originasi, yaitu masuknya kebudayaan baru yang sebelumnya belum dikenal oleh masyarakat sehingga menimbulkan perubahan besar bagi kehidupan.
6. Penolakan (rejection), yaitu penolakan dari sebagian anggota masyaraka yang tidak siap dan tidak menyetujui proses akulturasi.
Itulah yang dimaksud Akulturasi, bagaimana sekarang sudah tahu kan yang dimaksud Akulturasi itu seperti apa.

Artikel Terkait