Pengertian Anomie

Pengertian AnomieAnomie adalah/ Anomie yaitu/ Anomie merupakan/ yang dimaksud Anomie/ arti Anomie/ definisi Anomie.
Anomie adalah

Anomie yaitu kondisi di mana tidak ada pegangan terhadap apa yang baik dan apa yang buruk bagi masyarakat. Keadaan ini mengakibatkan anggota-anggota masyarakat tidak mampu untuk mengukur tindakan-tindakannya karena batas-batasnya tidak ada.
Anomie merupakan hilangnya nilai-nilai yang ada dalam masyarakat sehingga masyarakat tidak mempunyai pegangan dalam menentukan hal yang baik dan buruk. Suatu nilai yang sudah ada hilang karena perubahan sosial dan nilai-nilai baru yang dibutuhkan tidak muncul. Hal ini membuat masyarakat menjadi bingung untuk menentukan nilai dalam kehidupan mereka. Kejadian-kejadian anarkis yang terjadi dalam masyarakat mungkin dapat kita ambil sebagai contohnya.
Tindakan pengeboman akhir-akhir ini marak terjadi. Dalam analisa ini mereka melakukannya karena mereka tidak mengetahui apa arti nilai pengeboman itu dan akibat yang ditimbulkan dalam masyarakat. Keadaan masyarakat yang kacau membuat mereka bingung untuk menentukan tindakan mereka. Dalam keadaan ini seorang sangat mudah untuk dipengaruhi. Mudah untuk dimasuki doktrin-doktrin baru yang bisa membahayakan bagi masyarakat sekitarnya. Mereka tidak mempunyai pegangan untuk menentukan apa yang baik yang harus dilakukan. Masyarakat mulai bingung dalam menentukan tindakan yang benar dan yang salah.
Di desa sekarang banyak kita jumpai perempuan yang memakai baju ketat yang sedikit memperlihatkan tubuhnya. Mereka melakukan itu karena masuknya budaya baru yang kebanyakan melalui televisi. Dengan menonton televisi merka dengan tidak sadar telah menerima budaya baru dari kota yang modern. Nilai tradisi yang dulu mereka anut lama kelamaan akan memudar dari dirinya dan digantikan oleh budayanya yang baru itu. Dalam hal ini masyarakat tidak bisa berbuat banyak. Nilai lama menghilang, tetapi nilai baru untuk mengimbangi budaya itu belum muncul. Tidak ada pilihan lain masyarakt akan menerima kebudayaan itu tanpa melihat baik buruknya.
Demikian penjelasan yang bisa saya bagikan tentang Pengertian Anomie, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait