Pengertian Asimilasi

Pengertian AsimilasiAsimilasi adalah/ Asimilasi yaitu/ Asimilasi merupakan/ yang dimaksud Asimilasi/ arti Asimilasi/ definisi Asimilasi.
Asimilasi yaitu

Asimilasi merupakan proses perubahan kebudayaan secara total, akibat membaurnya dua kebudayaan atau lebih sehingga ciri-ciri kebudayaan asli tidak tampak lagi. Sifat khas dari unsur-unsur kebudayaan masing-masing berubah menjadi unsur kebudayaan campuran. Contohn, perkawinan campuran yaitu perkawinan antara perempuan dari golongan tertentu dengan laki-laki dari golongan lain sehingga bercampurlah dua kebudayaan yang berbeda.
Berikut faktor-faktor pendorong asimilasi.
1. Adanya perbedaan di antara masing-masing pendukung kebudayaan sehingga mereka saling melengkapi dan saling membutuhkan.
2. Adanya sikap saling menghargai orang asing dan kebudayaannya, saling mengakui kelemahan-kelemahan dan kelebihan-kelebihan yang akan mendekatkan masyarakat yang menjadi pendukung kebudayaan-kebudayaan tersebut.
3. Adanya sikap yang terbuka dari golongan yang berkuasa di dalam masyarakat juga akan mempercepat asimilasi.
4. Adanya perkawinan campuran (amalgamsi) yang merupakan faktor yang paling menguntungkan bagi jalannya proses asimilasi.
5. Adanya persamaan unsur-unsur kebudayaan yang terdapat dalam masing-masing kebudayaan menyebabkan masyarakat pendukungnya merasa lebih dekat satu dengan lainnya sehingga akan memudahkan terjadinya asimilasi.
Berikut faktor-faktor penghambat asimilasi.
1. Sifat takut terhadap kebudayaan lain yang umumnya terjadi di antara masyarakat yang merasa rendah atau inferior dalam menghadapi kebudayaan luar yang lebih tinggi (superior).
2. Kurangnya pengetahuan kebudayaan yang menyebabkan sikap toleransi dan simpati yang kurang berkembang antara suku bangsa satu dengan lainnya.
3. Perasaan superioritas yang besar pada individu-individu dari satu kebudayaan terhadap kebudayaan masyarakat lain.
4. Terisolasinya kehidupan suatu golongan tertentu dalam masyarakat yang akan berakibat pada tidak adanya kebebasan untuk bergaul dengan masyarakat luar.
5. Adanya suatu perasaan yang kuat sekali bahwa individu terikat pada kelompok dan kebudayaan kelompok yang bersangkutan.
Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Asimilasi, semoga penjelasan diatas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait