Pengertian Hubungan Internasional

Pengertian Hubungan InternasionalHubungan Internasional adalah/ Hubungan Internasional yaitu/ Hubungan Internasional merupakan/ yang dimaksud Hubungan Internasional/ arti Hubungan Internasional/ definisi Hubungan Internasional.
Pengertian Hubungan Internasional

Hubungan Internasional dimaknai sebagai hubungan antar bangsa. Adapun menurut Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri RI (Renstra) dijelaskan bahwa hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut. Apabila kita menitik pada pengertian hubungan internasional menurut Renstra, maka dapat kita pahami bahwa orientasi yang hendak diraih dari dilaksanakannya hubungan internasional adalah dalam rangka mencapai kepentingan nasional. Banyak para ahli yang juga mengemukakan tentang pengertian hubungan internasional.\
Berikut ini beberapa pengertian hubungan internasional menurut para ahli.
a. Warsito Sunaryo
Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi. Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu dapat diartikan sebagai negara, bangsa, maupun organisasi negera sepanjang bersifa internasional.
b. Suwardi Wiraatmaja
Hubungan internasional merupakan segala macam hubungan antar bangsa dan kelompok-kelompok bangsa dalam masyarakat dunia.
c. Charles A. Mc. Clelland
Hubungan internasional merupakan studi tentang seluruh bentuk pertukaran, transaks, hubungan, arus informasi, serta berbagai respons perilaku yang muncul di antara dan antar masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termasuk komponen-komponennya.
d. J.C. Johari
Hubungan internasional merupakan sebuah studi tentang interaksi yang berlangsung di antara negara-negara berdaulat. Disamping itu juga studi tentang perilaku-perilaku nonnegara (non-states actors) ya perilakunya memiliki dampak terhadap tugas-tugas negara.
Berikut ini faktor yang mendasari pentingnya pelaksanaan kerja sama/ hubungan internasional
a. Faktor internal
Faktoar internal yang memicu pentingnya hubungan internasional bagi suatu negara adalah kekhawatiran akan adanya ancaman terhadap kelangsungan hidup sebuah negara, baik melalui kudeta maupun intervensi dari ngera lain.
b. Faktor Eksternal
Adapun faktor eksternal yang menjadi alasan pentingnya hubungan internasional bagi suatu bangsa sebagai berikut.
1. Sudah menjadi sebuah hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu negara tidak dapat berdiri sendiri tanpa bantuan dan kerja sama dengan negara lain. Adanya ketergantungan antara satu negara dengan negara yang lain, terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, serta pertahanan dan keamanan
2. Dalam rangka membangun komunikasi lintas bangsa dan negara guna mewujudkan kerja sama yang produktif dalam memenuhi berbagai kebutuhan yang menyangkut kepentingan nasional negara masing-masing. Mengingat bahwa tiap-tiap negara tidak mungkin mampu menghasilkan dan memfasilitasi semua kebutuhan yang menjadi hajat hidup rakyatnya.
3. Mewujudkan tatanan dunia baru yang memberikan manfaat bagi kesejahteraan dan perddamaian yang abadi bagi warga masyarakat dunia.
Sarana-sarana Hubungan Internasional
Guna memudahkan proses kerja sama internasional yang dibangun oleh negara-negara di dunia, diperlukan adanya sarana-sarana hubungan internasional. Berikut beberapa sarana hubungan internasional.
a. Diplomasi
b. Propaganda
c. Ekonomi
d. Kekuatan militer
Itulah penjelasan yang dapat saya berikan tentang Pengertian Hubungan Internasional, semog informasi tersebut dapat bermanfaat buat kita.

Artikel Terkait