Pengertian integrasi nasional

Pengertian integrasi nasionalintegrasi nasional adalah/ integrasi nasional yaitu/ integrasi nasional merupakan/ yang dimaksud integrasi nasional/ arti integrasi nasional/ definisi integrasi nasional.
integrasi nasional yaitu

Istilah integrasi nasional berasal dari dua kata, yaitu integrasi dan nasional. Istilah integrasi mempunyai arti pembaruan atau penyatuan sehingga menjadi kesatuan yang utuh atau bulat. Istilah nasional mempunyai pengertian kebangsaan, bersifat bangsa sendiri, meliputi suatu bangsa seperti cita-cita nasional, tarian nasional, dan perusahaan nasional.
Menurut Claude Ake integrasi nasional pada dasarnya mencakup 2 (dua) masalah pokok berikut.
a. Bagaimana membuat rakyat tunduk dan patuh kepada tuntutan-tuntutan negara, yang mencakup perkara pengakuan rakyat terhadap hak-hak yang dimiliki negara.
b. Bagaimana meningkatkan konsensus normatif yang mengatur perilaku politik setiap anggota masyarakat, konsensus ini tumbuh dan berkembang di atas nilai-nilai dasar yang dimiliki bangsa secara keseluruhan
Sedangkan menurut pakar sosiologi, Manricce Duverger, integrasi didefinisikan sebagai dibangunnya hubungan saling ketergantungan antaranggota-anggota dalam masyarakat. Sehingga integrasi merupakan proses mempersatukan masyarakat, yang cenderung membuatnya menjadi harmonis dan didasarkan pada tatanan yang oleh anggota-anggotanya dianggap sama harmonisnya.
Dari dua pengertian tersebut pada hakikatnya integrasi merupakan upaya politik atau kekuasaan untuk menyatukan semua unsur masyarakat yang majemuk harus tunduk kepada aturan-aturan kebijakan politik yang dibangun dari nilai-nilai kultur yang ada dalam masyarakat majemuk tadi, sehingga terjadi kesepakatan. Integrasi tercipta melalui proses interaksi dan komunikasi yang instensif (dengan tetap mengakui adanya perbedaan).
Kemudian jalan menuju proses integrasi tidak selalu lancar atau mulus. Seringkali menemukan hambatan-hambatan, itu jelas ada seperti adanya primordialisme, suku, ras, agama, dan bahasa.
Dalam setiap kebijakan pemerintah selalu ada reaksi setuju dan tidak setuju, hal tersebut adalah wajar apabila suatu negara dibentuk dari suatu masyarakat yang majemuk, ada yang merasa diuntungkan dan ada yang merasa dirugikan oleh kebijakan tersebut. Kelompok yang merasa dirugikan dengan adanya kebijakan tersebut akan merasa tidak puas, maka kelompok tersebut akan menyalurkan kekecewaannya dalam masyarakat melalui kelompok-kelompok yang ada di dalamnya. Integrasi masyarakat dalam negara tercapai apabila:
a. Tercapainya kesepakatan dari sebagian besar anggotanya terhadap nilai-nilai sosial tertentu yang bersifat fundamental dan krusial.
b. Sebagian besar anggotanya terhimpun dalam berbagai unit sosial yang saling mengawasi dalam aspek-aspek sosial yang potensial.
c. Terjadinya saling ketergantungan di antara kelompok-kelompok sossial yang terhimpun di dalam pemenuhan kebutuhan ekonomi secara menyeluruh.
Itulah yang dimaksud integrasi nasional, sekarang anda sudah tahu kan, semoga penjelasan diatas bermanfaat.

Artikel Terkait