Pengertian Toleransi

Pengertian ToleransiToleransi adalah/ Toleransi yaitu/ Toleransi merupakan/ yang dimaksud Toleransi/ arti Toleransi/ definisi Toleransi.
Toleransi yaitu

Toleransi adalah menuntut kekuatan pribadi yang yakin akan kebenaran dalam budaya dan agamanya. Tetapi, terbuka untuk mengetahui keberadaan perbedaan yang dimiliki pihak lain. Tenpa sikap saling percaya dan toleransi mustahil diwujudkan dunia yang aman, tentram, dan sejahtera.
Toleransi adalah adanya sikap tenggang rasa yang berwujudkan memberikan kebebasan orang lain untuk menjalankan haknya. Sikap toleransi sangat bertolak belakgn dengan sikap etnosentrisme yang memandang rendah kebudayaan lain. Dengan memiliki sikap toleransi, menunjukkan luasnya pola pikir seseorang sekaligus menunjukkan pemahamannnya mengenai kondisi alam semesta yang sangat beraneka ragam ini. Sikap toleransi merupakan landasan utama seseorang dalam membangun kehidupan yang penuh ketenangan di lingkungan masyarakat yang multikultural.
Untuk dapat memiliki sikap toleransi diperlukan pengendalian diri, sehingga tingkat kearifan dan kebijaksanaan seseorang dalam memandang lingkungannya merupakan suatu sistem yang saling membutuhkan. Untuk mengembangkan sikap toleransi inilah para pendiri bangsa Indonesia menetapkan lambang negara Indonesia adalah Garuda Pancasila dengan motto “Bhinneka Tunggal Ika”.
Dengan demikian memiliki sikap toleransi, maka keanekaragaman kebudayaan bukan lagi sebagai bentuk hambatan melainkan justru merupakan kekuatan potensial yang mendorong terwujudnya masyarakat adil dan makmur.
Demikian penjelasan yang bisa saya berikan tentang Pengertian Toleransi, semoga penjelasan tersebut bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait