Pengertian Bioma hutan gugur

Pengertian Bioma hutan gugurBioma hutan gugur adalah/ Bioma hutan gugur yaitu/ Bioma hutan gugur merupakan/ yang dimaksud Bioma hutan gugur/ arti Bioma hutan gugur/ definisi Bioma hutan gugur.
Bioma hutan gugur yaitu

Bioma hutan gugur pada umumnya terdapat di sekitar wilayah subtropik yang mengalami pergantian musim panas dan dingin. Hutan gugur juga terdapat di berbagai pegunungan di daerah tropis. Hutan gugur adalah hutan dengan tumbuhan yang menggugurkan daunnya pada musim dingin. Pada musim panas, energi radiasi yang diterima cukup tinggi, demikian pula dengan presipitasi (curah hujan) dan kelembapan. Kondisi ini menyebabkan pohon-pohon tinggi tumbuh dengan baik. Namun demikian, cahaya matahari masih dapat menembus hingga ke permukaan tanah, karena dedaunan tidak begitu lebat. Menjelang musim dingin, radiasi matahari mulai berkurang dan temperatur udara turun. Tumbuhan mulai sulit mendaptkan air sehingga daun berubah warna menjadi merah, coklat, dan akhirnya gugur.
Ciri-ciri bioma hutan gugur adalah sebagai berikut.
1. Curah hujan sedang, yaitu 750-1000 mm per tahun.
2. Mengalami empat musim, yaitu musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Pada setiap pergantian musim terdapat beberapa perubahan bioma hutan gugur seperti berikut.
- Saat musim panas, pohon-pohon yang tinggi tumbuh dengan daun lebat dan membentuk tudung, tetapi cahaya matahari masih dapat menembus tudung tersebut hingga ke tanah karena daunnya tipis.
- Saat musim gugur menjelang musim dingin, pancaran energi matahari berkurang, suhu rendah, dan air cukup dingin. Oleh karena itu, daun-daun menjadi merah dan coklat, kemudian gugur karena tumbuhan sulit mendapatkan air. Daun dan buah-buahan yang gugur kemudian menjadi tumpukan senyawa organik.
- Saat musim dingin menjadi salju, tumbuhan menjadi gundul dan tidak melakukan kegiatan fotosintesis, beberapa jenis hewan mengalami/ dalam keadaan hibernasi (tidur panjang pada waktu musim dingin).
- Saat musim semi menjelang musim panas, suhu naik dan salju mencair, tumbuhan mulai berdaun kembali, tumbuhan semak mulai tumbuh di permukaan tanah dan hewan-hewan yang berhibernasi mulai aktif kembali.
3. Vegetasinya adalah pohon maple, oak, beech, dan elm. Tumbuhan di hutan gugur mengalami periode dormansi saat musim dingin yaitu ditandai dengan gugurnya daun-daun yang merupakan bentuk adaptasi tumbuhan di hutan gugur dalam menghadapi musim dingin.
4. Hewan yang menghuni pada umumnya adalah rusa, beruang, raccon, rubah, tupai, dan burung pelatuk.
Contoh bioma hutan gugur yaitu terdapat di Kanada, Amerika, Eropa, dan Asia. Baca juga artikel tantang Pengertian Bioma Gurun.

Artikel Terkait