Pengertian Daur Air

Pengertian Daur AirDaur Air adalah/ Daur Air yaitu/ Daur Air merupakan/ yang dimaksud Daur Air/ arti Daur Air/ definisi Daur Air.
Daur Air adalah

Air merupakan komponen penting bagi kehidupan. Selain itu, aliran air dalam ekosistem berperan mentransfer zat-zat dalam siklus biogeokimia. Siklus air (daur air) digerakkan oleh energi matahari melalui penguapan (evaporasi) dan terjadinya hujan (presipitasi). Di lautan, jumlah air yang menguap lebih besar dari curah hujan. Kelebihan uap air ini dipindahkan oleh angin ke daratan. Di atas daratan, presipitasi melebihi evaporasi. Aliran air permukaan dan air tanah dari darat menyeimbangkan aliran uap air dari lautan ke darat.
Air di atmosfer berada dalam bentuk upa air. Uap air berasal dari air di daratan dan laut yang menguap karena panas cahaya matahari. Sebagian besar uap air di atmosfer berasal dari laut karena laut mencapai tiga per empat luas permukaan bumi. Uap air di atmosfer terkondensasi menjadi awan yang turun ke daratan dan laut dalam bentuk hujan. Air hujan di daratan masuk ke dalam tanah membentuk air permukaan tanah dan air tanah.
Tumbuhan darat menyerap air yang ada di dalam tanah. Dalam tubuh tumbuhan air mengalir melalui suatu pembuluh. Kemudian melalui transpirasi uap air dilepaskan oleh tumbuhan ke atmosfer. Transpirasi oleh tumbuhan mencakup 90 % penguapan pada ekosistem darat.
Hewan memperoleh air langsung dari air permukaan serta dari tumbuhan dan hewan yang dimakan, sedangkan manusia menggunakan sekitar seperempat air tanah. Sebagian air keluar dari tubuh hewan dan manusia sebagai urine dan keringat.
Air tanah dan air permukaan sebagian mengalir ke sungai, kemudian ke danau dan akhirnya ke laut. Daur air atau siklus air dibedakan menajadi 3 jenis berikut.
- Siklus Air Pendek.
Siklus air pendek terjadi jika air laut mengalami penguapan oleh sinar matahari, uap tersebut naik dan mengalami kondensasi membentuk awan. Karena tidak dapat menahan beratnya sendiri, maka titik-titik air turun sebagai hujan yang terjadi di laut.
- Siklus Air Sedang
Siklus air sedang terjadi jika air laut mengalami penguapan oleh sinar matahari. Angin membawa uap air tersebut ke arah daratan. Pada ketinggian tertentu uap air mengalami kondensasi sehingga terjadilah hujan di darat. Air hujan yang jatuh akan meresap ke dalam tanah dan kembali ke laut.
- Siklus Air Panjang
Siklus panjang terjadi jika air laut mengalami penguapan, uap air terbawa angin menuju daratan hingga pengunungann tinggi. Karena pengaruh suhu, uap air berubah menjadi kristal-kristal es atau salju, kemudian jatuh sebagai hujan es atau hujan salju yang membentuk gletser, mengalir masuk ke sungai, dan akhirnya kembali ke laut.
Itulah penjelan yang bisa saya bagikan tentang apa yang dimaksud daur air, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait