Pengertian Individu

Pengertian IndividuIndividu adalah/ Individu yaitu/ Individu merupakan/ yang dimaksud Individu/ arti Individu/ definisi Individu.

Pernahkan anda melihat seekor sapi atau seekor ayam atau sebatang pohon mangga? Seekor sapi atau seekor ayam dinamakan individu. Demikian juga dengan sebatang pohon mangga. Individu adalah satuan makhluk hidup tunggal. Individu berasal dari bahasa Latin, yaitu in (tidak) dan dividus (dapat dibagi). Jadi individu diartikan sebagai satu organisme hidup yang berdiri sendiri dan secara fisiologis bersifat bebas serta tidak mempunyai hubungan organik dengan sesamanya. Suatu makhluk hidup disebut sebagai individu jika memenuhi syarat-syarat berikut.
- Individu selalu menggambarkan sifat tunggal.
- Dalam individu proses hidupnya berlangsung sendiri-sendiri.
- Setiap individu memiliki proses hidup yang berbeda dengan individu lainnya.
Dalam mempertahankan hidup, setiap individu atau organisme dihadapkan pada masalah yang penting, misalnya harus mendapatkan makanan, mempertahankan diri terhadap musuh alaminya, dan memelihara anknya. Untuk mengatasi masalah tersebut, organisme harus memiliki struktur khusus, misalnya duri, sayap, kantong, atau tanduk. Organisme juga memperlihatkan perilaku tertentu, seperti membuat sarang atau melakukan migrasi untuk mencari makanan. Keadaan struktur dan perilaku demikian disebut adaptasi. Organisme beradaptasi terhadap lingkungannya melalui adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi dan adaptasi tingkah laku.
Itulah informasi yang dapat kami bagikan tentang apa yang dimaksud individu, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.

Artikel Terkait