--> Skip to main content
Menu

Pengertian Laporan Keuangan, Tujuan, Jenis, dan Periode Penyusunan

Pengertian laporan keuangan - Dalam sebuah perusahaan laporan keuangan merupakan hal yang sangat penting. Tahukah kamu apa itu laporan keuangan? Seperti apa arti laporan keuangan bagi perusahaan. Tentunya diantara kamu ada yang tahu apa yang dimaksud dengan laporan keuangan dan ada yang tidak. Bagi yang masih belum tahu seperti apakah yang dimaksud dengan laporan keuangan itu maka di sini kami akan memberikan penjelasan definisi laporan keuangan. Selain itu di sini juga akan kami berikan penjelasan pengertian laporan keuangan menurut para ahli, tujuan laporan keuangan, jenis laporan keuangan dan periode penyusunan laporan keuangan. Silahkan simak berikut ini penjelasannya.

Pengertian Laporan Keuangan

Pengertian Laporan Keuangan

Laporan keuangan adalah hasil akhir dari suatu proses pencatatan, yang merupakan suatu ringkasan dari transaksi-transaksi keuangan yang terjadi selama tahun buku yang bersangkutan. laporan keuangan dibuat sebagai bagian dari proses pelaporan keuangan yang lengkap, dengan tujuan untuk mempertanggungjawabkan tugas-tugas yang dibebankan kepada manajemen.

Setiap perusahaan mempunyai laporan keuangan yang bertujuan menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi sejumlah besar pemakai laporan keuangan dalam pengambilan keputusan secara ekonomi. Laporan keuangan harus disiapkan secara periodik untuk pihak-pihak yang berkepentingan.

Penyusunan laporan keuangan disiapkan mulai dari berbagai sumber data, terdiri atas faktur-faktur, bon-bon, nota kredit, salinan faktur penjualan, laporan bank, dan sebagainya. Data yang asli bukan saja digunakan untuk mengisi buku perkiraan, tetapi dapat juga dipakai untuk membuktikan keabsahan transaksi. Laporan keuangan meliputi neraca, laporan laba rugi, laporan perbahan modal, dan laporan arus kas.

Pengertian Laporan Keuangan Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian laporan keuangan menurut para ahli:

Pengertian laporan keuangan menurut Subramanyam, 2010

Laporan keuangan adalah sebuah produk akhir dari sebuah laporan transaksi keuangan yang penyusunannya diatur oleh standar aturan ilmu akuntansi , insentif manager, mekanisme pelaksanaan beserta pengawas perusahaan.

Pengertian laporan keuangan menurut Birgham dan Houston, 2010

Laporan keuangan yaitu beberapa lembar kertas yang isinya tulisan angka-angka tetapi sangat penting juga untuk memikirkan aset nyatanya yang ada di balik angka-angka tersebut.

Pengertian laporan kuangan menurut Bardwan

Laporan keuangan adalah ringkasan dalam sebuah proses pencatatan selama tahun buku yang berjalan. Laporan keuangan dibuat oleh pihak manajemen sebagai suatu bentuk pertanggung jawaban atas tugas-tugas yang dibebankan kapada para karyawan.

Pengertian laporan keuangan menurut harahap

Laporan keuangan yaitu proses akhir dari proses akuntansi. Laporan ini berguna sebagai bahan informasi serta pengambilan keputusan bagi penggunanya. Selain itu sebagai bentuk pertanggung jawaban yang accountable dan sebagai indikator sebuah perusahaan dalam mencapai tujuan.

Pengertian laporan keuangan menurut Irham Fahmi

Laporan keuangan ialah informasi yang memberikan gambaran kondisi perusahaan dalam hal keuangan dalam periode tertentu di mana informasi tersebut digunakan sebagai acuan tentang kinerja perusahaan.

Tujuan Laporan Keuangan

Pada mulanya laporan keuangan dipergunakan oleh para perusahaan sebagai alat uji pekerjaan bagian pembukuan atau akuntansi, namun dalam perkembangannya laporan keuangan dipakai sebagai dasar dalam menilai atau menentukan posisi keuangan perusahaan, menganalisa dan digunakan untuk mengambil keputusan yang tepat.

Jenis Laporan Keuangan

Menurut cara penyajiannya, laporan keuangan dibagi menjadi neraca, laporan laba ruhi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas informasi dan catatan atas laporan keuangan. Untuk penjelasannya adalalah sebagai berikut ini:

  • Neraca menggambarkan posisi keuangan, yang menunjukkan aktiva, kewajiban serta ekuitas dari suatu perusahaan pada tanggal tertentu. Untuk neraca aktiva lancar akan dipisahkan dengan neraca aktiva tidak lancar. Begitu pula dengan kewajiban jangka pendek akan dipisahkan dengan kewajiban jangka panjang.
  • Laporan laba rugi yaitu aktivitas transaksi pada sebuah perusahaan yang akan berpengaruh terhadap stabilitas, resiko serta prediksi pada suatu periode yang menghasilkan hasil usaha bersih atau kerugian yang timbul dari kegiatan usaha dan aktivitas yang lain. Dalam laporan laba rugi perusahaan penampilkan berbagai unsur kinerja keuangan yang diperlukan untuk penyajian secara wajar.
  • Laporan perubahan ekuitas yaitu laporan yang menyajikan kenaikan ataupun penurunan aktiva-aktiva bersih atau kekayaan perusahaan selama dalam periode tertentu yang didasarkan pada prinsip-prinsip pengukuran tertentu yang dianut serta harus diungkapkan dalam laporan keuangan.
  • Laporan arus kas informasi umumnya dipakai sebagai indikator dari jumlah, waktu serta kepastian arus kas masa depan. Selain itu fungsi arus kas yaitu untuk meneliti kecermatan serta ketepatan taksiran atau perkiraan arus kas masa depan yang sebelumnya sudah dibuat.
  • Catatan atas laporan keuangan yaitu meliputi penjelasan rinci atau naratif mengenai jumlah yang tertera dalam neraca, laporan laba ruhi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas dan iformasi tambahan seperti kewajiban kontijensi dan komitmen.

Periode Penyusunan Laporan Keuangan

Umumnya laporan keuangan disusun secara periodik, biasanya yang digunakan yaitu periode tahunan mulai dari 1 januari sampai 31 Desember. Periode tahunan tersebut disebut dengan tahun buku atau periode kalender. Laporan keuangan menggambarkan posisi keuangan perusahaan dan menunjukkan pencapaian perusahaan pada periode tertentu.

Demikianlah informasi yang dapat kami bagikan tentang apa pengertian laporan keuangan itu. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.