Pengertian Laporan Manajemen

Advertisement
Pengertian laporan manajemen – Dalam menjalankan usaha bisnis hal yang penting dilakukan yaitu laoran manajemen. Tahukah kamu apa itu laporan manajemen? Bisakah kamu menjelaskan pengertian laporan manajemen? Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud laporan manajemen, maka di sini kami akan menerangkan seperti apa yang dimaksud dengan laporan manajemen. Di sini selain menjelaskan tentang definisi laporan manajemen juga akan kami jelaskan tentang macam-macam laporan manajemen. Langsung saja berikut ini adalah penjelasan yang kami tuliskan silahkan  di simak penjelasannya sampai selesai.
Pengertian Laporan Manajemen

Pengertian Laporan Manajemen

Laporan manajemen adalah laporan tentang informasi aktivitas perusahaan dalam kurun waktu/ periode tertentu. Laporan manajemen ada empat macam, yaitu laporan harian/ mingguan, laporan bulanan, laporan triwulan, dan laporan tahunan.

Macam-macam Laporan Manajemen

Berikut ini adalah penjelasan dari macam-macam laporan manajemen:

- Laporan Harian/ mingguan
Laporan harian dibutuhkan adalah tentang hal-hal yang bersifat operasional. Laporan harian meliputi: posisi kas harian, ringkasan-ringkasan penjualan (tunai dan kredit), pembayaran kontan, uang yang diterima dari tagihan utang, saldo kas dalam bank, dan saldo akhir kas.

Wirausaha yang progresif juga menginginkan perincian sediaan sehari-hari, sehingga tingkat sediaan dapat dikendalikan, dalam kaitannya dengan penjualan dan arus kas. Banyak kegagalan terjadi karena tidak dapat mengendalikan persediaan.

- Laporan bulanan
Untuk perusahaan yang baik, perusahaan membutuhkan laporan bulanan yang terdiri atas:
  1. Laporan laba rugi yang terperinci.
  2. Analisis penjualan dan inventaris produk sertaan/ kelompok jasa.
  3. Analisis dari arus kas, debitur, kreditur, dan ikatan keuangan.
  4. Analisis rasio intern yang menunjukkan tingkat efisiensi dan menyorot kecenderungan, dengan perbandingan antara rencana dan realisasi sebenarnya.

- Laporan triwulan
Laporan bulanan akan tersedia setiap bulan yang memuat berbagai informasi berikut.
  1. Satu laporan terperinci tentang posisi keuangan.
  2. Perbandingan industri intern dan ekstern sebagai tolak ukur efisiensi.
  3. Analisis kecenderungan secara lebih terperinci daripada yang biasanya disediakan setiap bulan.
  4. Informasi tentang bisnis sekarang untuk memungkinkan meninjau kembali kegiatan dan memproyeksikan rencana masa depan.

Demikianlah informasi yang dapat kami jelaskan tentang pengertian laporan manajemen. Mudah-mudahan penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa dengan mudah dipahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru