Pengertian Joint venture

Pengertian Joint venture – Joint venture adalah/ Joint venture yaitu/ Joint venture merupakan/ yang dimaksud Joint venture/ arti Joint venture/ definisi Joint venture.
Pengertian Joint venture

Agar bisnis menjadi lebih luas, biasanya dua atau lebih perusahaan independen menyetor modal bersama untuk membangun perusahaan baru. Joint venture adalah kerja sama antara beberapa perusahaan dari berbagai negara untuk mewujudkan tujuan yang telah disepakati bersama.
Jont venture bisa diartikan sebagai sebuah kerja sama dari beberapa pihak untuk melakukan usaha secara bersama dalam kurun waktu tertentu. Kerja sama tersebut bisasanya akan berakhir sesudah tujuannya tercapai atau pekerjaaanya sudah selesai.
Anggota joint venture disebut dengan sebutan partner/ venture/ sekutu. Anggota tersebut dapat perseorrangan, persekutuan (CV atau firm, dapat juga perseroan terbatas (PT). Semua anggota umumnya ikut serta dalam mengelola jalannya perusahaan.
Terdapat 2 Jenis Joint Venture yaitu:
  1. Joint Venture domestic
  2. Joint Venture internasioanal
Bidang usaha yang wajib untuk mendirikan perusahaan Joint Venture yaitu:
Pelabuhan, Telekomunikasi, Produksi, transmisi dan distribusi tenaga listrik untuk umum, Penerbangan, Pelayanan, Kereta api umum, Mass media, Air minum dan Pembengkit tenaga atom.
Manfaat dari Joint Venture yaitu:
Pembatasan resiko, penghematan tenaga, pembiayaan, rentabilitas, kemungkinan pembatasan kongkurensi, kemungkinan optimasi know-how.
Contoh Joint Venture:
Perusahaan LG Philips Components (join venture antara perusahaan LG dengan Philips).
Demikian penjelasan singkat dari saya tentang apa yang dimaksud joint venture, semoga memberikan manfaat.

Artikel Terkait