--> Skip to main content
Menu

Pengertian Katalisasi

Pengertian katalisasi – Dalam ilmu kimia ada yang namanya istilah katalisasi, tahukah kamu apa pengertian katalisasi? Dan bisakah kamu menjelaskan yang dimaksud dengan katalisasi? Bagi kamu yang mempelajari ilmu kimia tentunya sudah tahu kan apa itu katalisasi, dan pastinya bisa menjelaskan seperti apa yang dimaksud katalisasi. Namun bagi kamu yang tidak pernah mempelajari hal tersebut, mungkin terasa sulit jika disuruh untuk menjelaskan arti dari kata katalisasi. Nah maka dari itulah pada pembahasan kali ini kami akan mengupas tentang seperti apakah yang dimaksud katalisasi itu agar kamu bisa menjelaskan definisi katalisasi. Oke berikut ini penjelasan tentang apa yang dimaksud dengan katalisasi, silahkan disimak dan dipahami dengan baik.

Pengertian Katalisasi

Pengertian Katalisasi

Katalisasi adalah proses pembentukan bahan padat dari pengendapan larutan, melt (campuran leleh), atau lebih jarang pengendapan langsung dari gas. Kristalisasi juga merupakan teknik pemisahan kimia antara bahan padat-cair, di mana terjadi perpindahan massa (mass transfer) dari suatu zat tertentu (solute) dari cairan larutan ke fase kristal padat.

Pemisahan dengan teknik kristalisasi didasari atas pelepasan pelarut dari zat pelarutnya dalam sebuah campuran homogen atau larutan, sehingga terbentuk kristal dari zat terlarutnya. Proses ini adalah salah satu teknik pemisahan padat-cair yang sangat penting dalam industri, karena dapat menghasilkan kemurnian produk hingga 100%.

Cara kristalisasi alami banyak dilakukan oleh petani garam di daerah pantai. Petani garam memperoleh garam dengan jalan menguapkan air laut. Air laut dialirkan ke tambak-tambak dan dibiarkan menguap oleh sinar matahari.

Air yang terkandung dalam air laut tersebut akan menguap, sehingga air laut akan semakin pekat dan setelah lewat jenuh akan terbentuk kristal garam. Selain untuk pembuatan garam, proses kristalisasi juga digunakan untuk proses pembuatan gula pasir, dan cairan tebu. Caranya dengan mendidihkan cairan tebu sampai terbentuk larutan jernihnya. Selanjutnya, larutan tersebut didiamkan sehingga gulanya mengkristal.

Umumnya garam dapur yang diperoleh dari cairan penguapan alami masih bercampur dengan berbagai zat pengotor, sehingga garam dapat dikatakan belum bersih. Salah satu cara yang digunakan untuk memperoleh garam yang bersih adalah dengan cara mengkristalkan kembali garam kotor yang diperoleh filtratnya dari hasil kristalisasi. Caranya garam kotor tersebut dilarutkan kembali dalam air. Selanjutnya larutan disaring, diuapkan sehingga diperoleh kristal yang lebih bersih dan lebih putih.

Itulah sedikit penjelasan dari sayat tentang apa pengertian katalisasi. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini bisa dipahami dengan mudah.