Pengertian Teori Pers Otoritarian

Pengertian Teori Pers OtoritarianTeori Pers Otoritarian adalah/ Teori Pers Otoritarian yaitu/ Teori Pers Otoritarian merupakan/ yang dimaksud Teori Pers Otoritarian/ arti Teori Pers Otoritarian/ definisi Teori Pers Otoritarian.
Pengertian Teori Pers Otoritarian

Teori Pers Otoritarian adalah teori yang berpendirian bahwa pers haruslah dikuasai oleh negara (penguasa). Pers harus tunduk pada penguasa sebagai tempat dalam representasi dari negara tersebut. Hakikat pers adalah media penguasa untuk menyampaikan informasi yang dianggapnya perlu diketahui oleh setiap masyarakat. Sikap kritis atau konfrontatif pers terhadap penguasa sama sekali tidak dapat diterima. Sebab pers dasumsikan, bahwa penguasa tidak akan mungkin dapat berbuat salah atau infallible.
Oleh karena itu, kebebasan pers tidak diperlukan begitu juga dengan adanya organisasi pekerja media yang bersifat independen. Media asing juga dikendalikan dan diatur seperti halya media-media yang ada di negara tersebut yang diatur oleh penguasa. Prinsip-prinsip teori pers otoritarian, yaitu media akan selamanya tunduk pada penguasa, sensor diterapkan dan dapat diterima oleh pers, kecaman kepada penguasa baik itu penyimpangan kebijakannya ditiadakan, dan wartawan tidak memiliki hak kebebasannya.
Demikianlah apa yang saya jelaskan tentang Pengertian Teori Pers Otoritarian, semoga apa yang saya sampaikan di atas dapat bermanfaat.

Artikel Terkait