Pengertian Norma: Apa itu Norma?

Pengertian Norma - Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan norma? Sebetulnya norma itu hadir dalam kehidupan ini tumbuh dan berkembang  dalam kehidpuan masyarakat. Dalam keberlangsungan hidupnya manusia selalu membutuhkan orang lain hal ini dikarenakan manusia sebagai makhluk sosial. Untuk itu agar kehidupan manusia bisa berjalan secara teratur , manusia membutuhkan yang namanya aturan-aturan untuk mengatur kehidupan bermasyarakat karena tidak semua orang dapat melakukan tindakan semaunya sendiri. Apabila kemauan seseorang dipaksakan kepada orang lain, maka akan bisa mengakibatkan benturan dengan kemauan orang lain. Supaya dalam menjalani kehidupan bermasyarakat ini bisa teratur dan nyaman maka manusia perlu membuat sebuah kesepakatan tentang hal-hal apa saja yang boleh dilakukan, dan hal yang tidak boleh dilakukan terhadap orang lain. Sebuah kesepakatan itulah yang menjadi landasan lahirnya sebuah norma. Lalu, apa itu norma? Silahkan baca penjelasan selengkapnya dari Temukan Pengertian berikut ini.
Pengertian Norma: Apa itu Norma?

Pengertian Norma
Asal usul kata norma berasal dari kata dalam bahasa belanda yaitu norm, yang artinya pedoman, patokan atau kaidah. Kata norma atau norm di dalam Kamus Hukum Umum artinya yaitu kaidah yang dijadikan sebagai pedoman, petunjuk untuk seseorang dalam bertindak atau tidak bertindak, dan tingkah laku seseorang dalam lingkungan bermasyarakat. Sebagai contoh norma hokum, norma agama, dan norma kesopanan. Selain itu ada juga yang mempunyai pendapat kalau kata norma itu berasal dari bahasa latin yaitu “mos” bentuk jamak dari kata mores. Arti mos/ mores yaitu adat istiadat, tata kelakuan atau kebiasaan.
Di dalam masyarakat yang berbudaya, norma adalah bentuk nyata dari nilai-nilai sosial yang berbudaya, mempunyai aturan dan kaidah baik secara tertulis mapun secara tidak tertulis. Norma-norma ini digunakan dengan tujuan untuk mengatur kehidupan bermasyarakat. Dalam norma berisi petunjuk dan aturan-aturan kehidupan tentang sesuatu yang benar dan salah, atau tentang yang sesuatu yang baik dan buruk, serta sesuatu yang dirasa pantas dan juta tidak pantas. Norma tersebut harus dipatuhi oleh warga masyarakat, jika warga ada warga yang melanggar norma tersebut maka akan kena sanksi atau hukuman. Secara ringkasnya, pengertian norma yaitu aturan yang mengandung sanksi. Hal ini dikarenakan norma mempunyai kekuatan yang memaksa dan mengikat pihak lain untuk mentaati aturan yang berlaku. Norma dapat terbentuk dan berkembang didasari dengan kebutuhan untuk terciptanya hubungan bermasyarakat yang selaras, harmonis, dan juga serasi atar sesama warga masyarakat.

Pengertian Norma menurut beberapa Ahli

Setelah membaca penjelasan diatas, maka perlu juga memperhatikan penjelasan-penjelasan menurut pendapat ahli tentan norma berikut ini.
Pengertian Norma Menurut Bellebaum
Pengertian Norma adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur tingkah laku orang dalam sebuah komunitas menurut keyakinan serta sikap-sikap tertentu. Berlakunya norma hanya dalam sebuah kelompok sosial yang merangkum banyak manusia yang memiliki sedikitnya satu ciri khas dalam kehidupan dan kelakuan mereka yang membuat sesuatu bersama-sama secara teratur, dan juga membangun semacam rasa persaudaraan. Intinya norma itu berhugungan tentang kerja sama dalam sebuah kelompok yang mengatur tingkah laku setiap anggota kelompok tersebut untuk menjunjung nilai-nilai yang diyakini secara bersama-sama.
Pengertian Norma Menurut Soerjono Soekanto
Pengertian Norma adalah sekumpulan aturan supaya hubungan dalam kehidupan bermasyarakat dapat terlaksana sesuai dengan apa yang diharapkan. Norma atau aturan juga mengalami peruses perkembangan menjadi pelembagaan. Pelembagaan di sini maksudnya yaitu sebuah proses yang dilalui oleh sebuah norma kemasyarakatan untuk jadi bagian dari salah satu lembaga masyarakat, maka dengan begitu norma tersebut akan dihargai, diakui, dikenal dan ditaati dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.
Pengertian Norma menurut Robert M.z Lawang
Pengertian Norma adalah patokan perbuatan atau tingkah laku dalam kelompok tertentu. Norma merupakan kriteria bagi orang lain untuk menolak atau mendukung tingkah laku seseorang. Selain itu norma juga memungkinkan orang untuk menentukan dulu tentang bagaimana tindakan yang dilakukan itu akan dinilai orang lain.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Norma: Apa itu Norma?, mudah-mudahan dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait