Sifat sifat Negara

Sifat sifat Negara – Istilah negara tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Bahkan kita ini hidup di sebuah negara. Negara adalah sebuah bentuk organisasi yang sifatnya khas dan berbeda dengan organisasi atau asosiasi yang lain. Sifat-sifat yang melekat pada negara lah yang menjadi nilai kekhasan sebuah negara. Dari banyaknya sifat-sifat umum yang melekat pada negara, dalam artikel ini akan kami bahas 3 sifat khas yang melekat negara. Apa sajakah sifat-sifat negara ? Sifat-sifat negara perlu kita ketahui sebagai pelengkap dalam memahami tentang Negara. Oleh sebab itu dalam blog Temukan Pengertian ini akan kami uraikan secara rinci penjelasan tentang 3 sifat khas negara. Berikut ini adalah penjelasan secara rincinya.
Sifat sifat Negara

Sifat-Sifat Negara

Salah satu pengetahuan tentang sifat-sifat negara dari pendapat Prof Miriam Budiardjo yang menyebutkan bahwa sifat Negara adalah sebagai berikut:
Sifat Memaksa Negara
Maksud dari sifat memaksa di sini yaitu supaya peraturan perundang-undangan dipatuhi/ ditaati. Melalui cara yang memaksa tersebut maka ketertiban dalam masyarakat bisa terwujud  serta tidak akan menimbulkan anarkhi. Sifat memaksa di sini juga termasuk mempunyai kekuasaan secara legal untuk melakukan kekerasan fisik. Untuk melakukan itu negara memakai perangkat-perangkat seperti badan peradilan, tentara dan polisi. Sifat memaksa ini tidak akan begitu menonjol kalau masyarakatnya bersifat homogen dan terdapat konsensus nasional tentang tujuan-tujuan bersama yang kuat. Sebaliknya sifat memaksa akan sangat menonjol jika negara baru berdiri dan rakyatnya bersifat heterogen dan ikatan konsensus tentang tujuan bersama tidak begitu kuat.
Baca juga Artikel: Pengertian Negara
Meskipun demikian, dalam prakteknya di negara demokratis sifat memaksa tidak diutamakan, tetapi yang diutamakan yaitu meyakinkan (persuasi). Contoh sifat memaksa suatu Negara yaitu ketetapan mengenai pajak. Pajak wajib dibayar oleh setiap warga negara. Jadi jika ada orang yang tidak membayar pajak atau telat membayar pajak akan dikenakan denda, barang disita, dan ada juga di beberapa negara yang dikenakan hukuman kurungan penjara.
Sifat Monopoli Negara
Dalam menetapkan tujuan bersama dari masyarakat negara mempunyai sifat monopoli. Jadi negara akan memonopoli apa saja yang menyangkut kehidupan orang banyak. Contoh sifat monopoli suatu Negara yaitu negara memberikan larangan adanya kelompok politik atau kepercayaan tertentu yang sifatnya bertentangan dengan paham yang ada negara.
Sifat Menyeluruh Negara atau Sifat Mencakup Semua
Sifat negara yang menyeluruh itu artinya mencakup semua lapisan masyarakat yang  menjadi warga negera. Contoh sifat menyeluruh negara: Semua peraturan perundang-undangan berlaku untuk semua orang, misalnya, kewajiban untuk membayar pajak. Itu semua karena untuk menjadi seorang warga negara bukan karena kemauan sendiri, lain hal nya jika dalam organisasi atau asosiasi lainnya sifat keanggotaannya sukarela.
Baca juga Artikel: Tujuan Negara
Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang apa saja Sifat sifat Negara, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait