Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya – Tahukah kamu apa itu majas hiperbola? Majas hiperbola merupakan majas yang umum di kenal dalam pelajaran bahasa Indonesia. Materi Majas hiperbola sudah diajarkan sejak mulai SD, SMP, SMA hingga ke perguruan tinggi. Tentunya kami meyakini kalau diantara kalian pernah mempelajari majas hiperbola. Seperti majas pada umumnya, kegunaan majas hiperbola yaitu sering digunakan untuk  menyusun/ merangkai kalimat sebuah karya sastra supaya gaya bahasa karya sastra menjadi lebih indah. Karena itulah dalam membuat sebuah karya sastra kita perlu memahami dengan baik apa itu majas hiperbola. Dalam blog Temukan Pengertian ini kami akan membahas secara rinci tentang majas hiperbola. Pembahasan tentang majas hiperbola ini akan kami bagi menjadi 2 bagian yaitu bagian pertama tentang pengertian majas hiperbola dan bagian ke dua tentang contoh majas hiperbola.
Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya

Pengertian Majas Hiperbola

Pengertian majas hiperbola adalah majas yang membesar-besarkan sesuatu hal atau mengandung sebuah pernyataan yang berlebih-lebihan. Dalam arti yang lebih rinci, Majas Hiperbola adalah majas yang membesar-besarkan atau melebihkan-lebihkan suatu hal dari apa yang sebenarnya dengan tujuan untuk meningkatkan kesan, memperhebat, daya pengaruh, baik ukuran, jumlah ataupun sifat-sifatnya. Tidak hanya dalam sebuah karya sastra saja kita menjumpai majas hiperbola, namun tanpa kita menyadarinya dalam percakapan sehari-hari kita sering menggunakan majas hiperbola. Pesan yang akan disampaikan bisa saja biasa-biasa saja tetapi akan terasa lebih wah apabila kalimat yang disusun sedemikian rupa menggunakan majas hiperbola. Dalam menceritakan suatu hal sengaja diberikan kesan sangat berlebih-lebihan/ hiperbola dengan tujuan untuk menarik perhatian pendengar ataupun pembaca.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Hiperbola

Supaya lebih memahami tentang majas hiperbola, perlu anda perhatikan beberapa contoh majas hiperbola dibawah ini.
Contoh Majas Hiperbola ke-1:
"Tumpukan sampah di kota Jakarta itu setinggi gunung"
Kata “setinggi gunung” dalam kalimat tersebut merupakan kata yang melebih-lebihkan tumpukan sebuah sampah, sehingga disebut majas hiperbola.
Contoh Majas Hiperbola ke-2:
"Suara teriakanmu mengguncangkan dunia"
Kata “mengguncangkan dunia” merupakan kata yang berlebih-lebihan karena suara teriakan orang tidak sampai mengguncangkan dunia. Jadi contoh kalimat tersebut merupakan majas hiperbola.
Contoh Majas Hiperbola ke-3:
"Korban pembunuhan itu darahnya membanjiri tanah"
Disebut majas hiperbola karena terdapat kata yang berlebih-lebihan yaitu pada kata “membanjiri tanah”.
Contoh Majas Hiperbola ke-4:
"Setelah naiknya harga Bahan Bakar Minyak harga beras mencekik leher"
Dalam contoh tersebut disebut majas hiperbola karena terdapat kata “mencekik leher” yang memberikan kesan yang berlebih-lebihan.
Baca juga artikel: Pengertian Majas Metafora dan Contohnya
Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan tentang Pengertian Majas Hiperbola dan Contohnya, semoga bermanfaat dan mudah dipahami.

Artikel Terkait