Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Pengertian Majas: Apa itu Majas? – Majas yaitu sebuah gejala bahasa yang memberikan ciri kuat terhadap wacana sastra. Majas merupakan peristiwa penggunaan kata yang menyimpang dari arti sebenarnya  yang disebabkan karena pengibaratan atau penggantian arti dari arti yang sebenarnya menjadi arti yang lain. Majas dipakai dengan maksud mengungkapkan apa yang akan disampaikan secara simbolik sehingga memberikan kesan yang imajinatif untuk pembaca atau penyimaknya.
Pengertian Majas: Apa itu Majas?
Selanjutnya blog Temukan Pengertian akan menjelaskan secara rinci tentang apa yang dimaksud majas, berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya.

Pengertian Majas

Pengertian majas secara sederhana yaitu cara menggambarkan sesuatu dengan langkah menyamakannya dengan sesuatu yang lainnya memakai pemilihan kata yang  menyatakan makna sebenarnya tidak secara langsung untuk mendapatkan efek tertentu dalam menggambarkan sesuatu. Jadi bisa diartikan bhwa majas adalah sebuah pengibaratan atau bisa dikatakan sebagai figure of speech, yaitu sebuah teknik yang secara khusus memakai bahasa figuratif (bahasa secara ekspresif).  Di dalam tesk sastra majas banyak dipakai, namun ada juga yang dipakai dalam teks non-sastra supaya pengguna bahasa pada saat mendeskripsikan tersebut lebih memahami suatu kenyataan. Terkadang majas juga dipakai untuk menghidupkan tulisan karangan dan juga membuat efek khayalan yang mempunyai nilai khas.
Di dalam pemakaiannya, majas ada berbagai jenis, seperti majas personifikasi, majas hiperbola, majas metafora, majas litotes, majas metominia, majas perbandingan, majas ironi, majas alegori, dan majas simile.
Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan mengenai Pengertian Majas: Apa itu majas?, semoga dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait