Pengertian Majas Metafora dan Contohnya

Pengertian Majas Metafora dan Contohnya - Majas Metafoara merupakan salah satu majas yang umum dikenal. Namun tahukah kamu Apa yang dimaksud majas metafora itu? Majas metafora merupakan majas yang sering dijumpai dalam karya sastra, majas ini sering diterapkan dalam kata-kata berbentuk kiasan dalam karya sastra sebagai pelengkap unsur gaya bahasa. Majas metafora mempunyai perbedaan yang tidak dimiliki majas lainnya yaitu terdapat ciri khusus dalam majas metafora. Perbedaan tersebut perlu untuk diketahui supaya kita tidak keliru dalam mengidentifikasi majas yang ada dalam sebuah karya sastra. Karena itulah maka blog Temukan Pengertian akan membahas secara rinci tentang Majas Metafora yang sedang anda baca sekarang ini. Pembahasan majas metafora ini akan kami bagi menjadi 2 bagian yaitu bagian pertama pengertian majas metafora dan bagian kedua contoh majas metafora.
Pengertian Majas Metafora dan Contohnya

Pengertian Majas Metafora

Pengertian Majas Metafora adalah majas yang menggambarkan sesuatu dengan perbandingan tepat dan langsung atas dasar sifat yang hampir sama atau yang sama. Pengertian lain menyebutkan bahwa majas metafora adalah penggunaan kelompok kata atau kata yang merupakan bukan arti kata yang sebenarnya, tetapi sebagai gambaran yang berdasarkan perbandingan atau persamaan. Yang menjadi ciri majas metafora yaitu pemakaian kata-kata kiasan dan adanya pilihan kata yang menyamakan suatu hal dengan hal yang lainnya. Majas metafora termasuk dalam kelompok majas perbandingan. Majas metafora di dalam membandingkan atau menyamakan suatu hal, memakai perbandingan secara langsung tanpa kata pembanding yang mengikutinya seperti laksana, bak atau bagai.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Metafora

Supaya lebih memahami tentang majas metafora, di bawah ini kami berikan contoh contoh majas metafora yang perlu anda pahami.
Contoh ke-1
"Dari balik awan itulah dewi malam keluar dari persembunyiannya"
Contoh kalimat tersebut merupakan majas metafora karena mengibaratkan "Bulan" dengan "Dewi Malam".
Contoh ke- 2
"Alya mempunyai Perasaan yang sejernih embun pagi"
Contoh tersebut menyamakan antara "perasaan alya" dengan "jernihnya embun pagi" sehingga disebut majas metafora.
Contoh ke-3
"Akhirnya Sampah masyarakat itu masuk dalam penjara"
Merupakan majas metafora karena menyamakan antara "kriminal" dnegna sebutan "sampah masyarakat".
Contoh ke-4
"Dirinya itu setan yang terkutuk"
Dalam contoh tersebut, perasaan dan hidup "Dirinya" diibaratkan dengan "setan yang terkutuk" sehingga disebut dengan majas metafora.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya
Itulah penjelasan tentang Pengertian Majas Metafora dan Contohnya yang dapat kami uraikan, semoga bisa dipahami dengan mudah.

Artikel Terkait