Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya

Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya – Majas personifikasi merupakan salah satu majas yang kita kenal dari sekian banyaknya majas. Namun tahukah kamu apa itu majas personifikasi?.  Kami meyakini bahwa anda yang pernah sekolah atau sedang sekolah pernah menjumpai soal yang berkaitan dengan majas personifikasi dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Walaupun begitu, tapi kenyataannya diantara kita masih banyak yang kurang memahami bahkan belum memahami dengan baik tentang apa yang dimaksud majas personifikasi itu. Maka dari itulah, pada pembahasan kali ini Temukan Pengertian akan menjelaskan secara rinci tentang apa yang dimaksud majas personifikasi. Dalam penjelasan yang akan kami berikan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu pengertian majas personifikasi yang merupakan bagian pertama dan contoh majas personifikasi yang merupakan bagian kedua.
Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya
Pengertian Majas Personifikasi
Pengertian Majas Personifikasi adalah sebuah majas yang mengenakan sifat-sifat manusiawi (insani) terhadap sebuah benda mati sehingga membuat benda mati tersebut seolah-olah mempunyai sifat seperti benda hidup. Yang menjadi ciri khas majas personifikasi yaitu terdapat pilihan kata yang melekatkan sifat manusia terhadap benda mati sehingga menjadi seolah hidup. Selain itu majas personifikasi juga mempunyai gaya bahasa perbandingan yaitu membandingkan benda tidak dapat bergerak atau benda mati sehingga tampak seperti bergerak atau tampak hidup dan bisa berperilaku seperti makhluk hidup/ manusia. Karena itulah maka majas personifikasi dikelompokkan ke dalam majas perbandingan. Fungsi dari majas personifikasi yaitu untuk memberikan citraan atau bayangan angan yang konkret dan memberikan gambaran tentang situasi yang dilukiskan yang lebih jelas. Di dalam banyak jenis karya sastra seperti puisi, cerpen, lagu dan lain-lain penggunaan majas personifikasi banyak ditemukan di dalamnya.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?
Contoh Majas Personifikasi
Sebagai pelengkap dalam pemahaman tentang majas personifikasi, maka anda perlu memperhatikan contoh kalimat di bawah ini:
Contoh ke-1:
"Di malam hari angin berbisik menyampaikan salamku kepada dirinya"
Angin diibaratkan dapat berbisik ibarat seperti manusia.
Contoh ke-2:
"Ranting-ranting menari mengikuti alunan musik"
Kata menari-nari merupakan perilaku manusia jadi ranting-ranting itu diibaratkan seperti manusia yang bisa menari-nari.
Contoh ke-3:
"Bulan mengintip dibalik awan di malam itu"
Kata mengintip pada bulan diibaratkan bulan bersifat seperti manusia.
Contoh ke-4:
"Di pagi hari padi menunduk memberikan salam"
Kata menunduk padi, padi diibaratkan bersifat seperti manusia yang dapat menyapa/ memberi salam.
Demikian penjelasan yang dapat kami bagikan kepada anda tentang Pengertian Majas Personifikasi dan Contohnya. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait