Pengertian Badan Golgi dan Fungsinya

Pengertian badan golgi dan fungsinya pada artikel yang anda baca ini yaitu untuk memberikan penjelasan tentang bagian-bagian sel pada makhluk hidup. Supaya bisa memahami sel secara menyeluruh bisa diperoleh dengan memahami dengan baik badan golgi. Sebagai pendahuluan dalam pembahasan ini kami akan menjelaskan terlebih dahulu secara umum tentang badan golgi, baik itu dari segi bentuk maupun ukuran sel. Selain itu kami juga akan menjelaskan secara rinci tentang apa fungsi badan golgi. Berikut ini adalah penjelasan selengkapnya.
Penemu badan golgi bernama Camillog Golgi yaitu seorang berkebangsaan italia yang merupakan seorang ahli patologi dan histologi. Sebutan lain dari badan golgi yaitu kompleks golgi, apparatus golgi dan diktiosim. Badan golgi merupakan organel paling besar dalam sitoplasma. Bentuk badan golgi: kantung pipih bertumpuk yang tersusun dari yang berukuran besar ke yang berukuran kecil terikat membran (panjangnya 1 sampai 3 mikrometer dengan lebar ½ micrometer). Baik pada hewan maupun tumbuhan mempunyai bentuk badan golgi yang relative sama. Organ sel ini bisa berhubungan satu dengan yang lain sehingga membentuk struktur yang kompleks mirip jala. Coba perhatikan gambar badan golgi di bawah ini.

Pengertian Badan Golgi dan Fungsinya

Fungsi dari badan golgi yaitu sebagai tempat perubahan enzim dari bentuk tidak aktif ke bentuk aktif. Fungsi lain dari badan golgi yaitu sebagai tempat penyimpanan sementara protein dan zat-zat lain yang asalnya dari RE. Zat-zat tersebut di dalam badan golgi terbungkus dalam 1 kantong  vesikel/ membran lalu mengirimnya ke luar sel/ membran plasma. Selain hal itu, badan golgi juga mempunyai tanggung jawab dalam pembentukan lisosom.
Badan golgi di dalam sel tersusun atas 5 hingga 20 kantong pipih. Badan golgi pada umumnya terdapat di sel-sel sekretori (misalnya sel-sel saraf yang menyekresi neurotransmitter dan sel-sel pancreas menyekresi enzim pencernaan).Seperti halnya organel sel yang lain, badan golgi jumlahnya bervariasi berdasarkan tahap pertumbuhan sel, fungsi, dan tipenya.Sebagai contoh sel tumbuhan bisa saja mempunyai banayak badan golgi ketika pembentukan dinding sel baru. Badan golgi tersebut bisa menghasilkan vesikel yang mempunyai kandungan materi-materi penyusun dinding sel. Kejadian yang sama juga terjadi pada hewan ketika pembentukan hormon. Tiap-tiap sel bisa mempunyai kandungan ribuan badan golgi.
Berikut ini adalah Fungsi badan golgi:
- Berfungsi untuk membentuk lisosom, akrosom pada sperma, kuning telur pada sel telur.
- Berfungsi untuk membentuk dinding sel (pektin, selulosa dan hemiselulosa).
- Berfungsi untuk membentuk membran plasma.
- Berfungsi untuk membentuk vesikula ekskretorius, yaitu katung sebagai pembungkus zat yang akan dikeluarkan dari sel.
Demikian apa yang dapat kami uraikan tentang badan golgi dan fungsinya, semoga bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait