Pengertian Kata Baku dan Fungsinya

Pengertian Kata Baku dan Fungsinya - Bisa dikatakan kalau Bahasa Indonesia adalah alat komunikasi yang sering kita pakai sehari-hari dalam bercakap. Di dalam berbahasa, sangat perlu memperhatikan pemakaian kata-kata yang menyusun bahasa tersebut. Berbahasa Indonesia yang baik dan benar yaitu bahasa yang susunan kalimatnya dari kata-kata baku yang berdasarkan atau sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. Walaupun begitu memang kita perlu akui kalau diantara kita ada yang kurang terampil dalam penggunaan kata baku dalam berbahasa Indonesia. Tahukah kamu apa yang dimaksud kata baku itu? mungkin diantara kita ada yang belum tahu apa itu kata baku. Maka dari itulah dalam blog Temukan Pengertian ini kami akan membahas tentang kata baku. Pembahasan ini terbagi menjadi 2 yaitu pengertian kata baku dan fungsi kata baku.
Pengertian Kata Baku dan Fungsinya
Pengertian Kata Baku
Apa itu kata baku? Kata baku adalah kata yang tata cara pengucapan dan penulisan sesuai kaidah atau ketetapan standar yang sudah dibakukan. Kaidah standar yang  telah dibakukan maksudnya yaitu berupa pedoman EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) dalam berbahasa Indonesia, tata bahasa baku, dan kamus umum.  Kamus bahasa Indonesia dalam hal ini bisa dijadikan sebagai rujukan supaya mengetahui bahasa baku. Sifat yang dimiliki ragam kata baku yaitu mempunyai ketetapan yang dinamis, maksudnya yaitu memiliki kaidah dan aturan standar bahasa. Dalam situasi yang resmi kata baku sering digunakan, misalnya dalam berpidato, seminar, karya ilmiah dan lain-lain.
Istilah kata standar atau kata baku kemunculannya bisa ditelusuri dari perkembangan sejarah bahasa yang menunjukkan kalau ragam orang yang berpendidikan mendapatkan wibawa dan gengsi yang tinggi.
Kemudian ragam itulah yang dijadikan sebagai tolak ukur untuk penggunaan bahasa yang baik dan benar. Berikut ini adalah ciri-ciri yang terdapat dalam kata baku:
- Kata baku tidak dipengaruhi bahasa asing.
- Kata baku tidak dipengaruhi bahasa daerah.
- Kata baku menggunakan imbuhan secara eksplisit.
- Kata baku tidak merupakan bahasa pasar.
- Kata baku tidak menimbulkan kata atau kalimat rancu.
- Penggunaan kata baku sesuai dengan konteks kalimat.
- Kata baku tidak menimbulkan hiperkorek.
- Kata baku tidak menimbulkan pleonasme.
Fungsi Kata Baku
Fungsi kata baku secara umum dalam bahasa yaitu seperti berikut ini:
- Sebagai kerangka acuan, maksudnya yaitu kata-kata baku dijadikan sebagai patokan atau acuan benar atau tidaknya bahasa yang digunakan oleh seseorang.
- Sebagai pembawa kewibawaan, penerapan kata bakau dalam sebuah bahasa bisa menunjukkan kewibawaan seseorang yang menggunakan kata baku tersebut.
- Sebagai pemberi kekhasan, dalam berbahasa, pembakuan kata bisa menjadikan pembeda dengan kelompok pengguna bahasa yang lain.
- Sebagai pemersatu, dalam bahasa kata baku bisa mempersatukan sekeumpulan orang menjadi satu kesatuan kelompok masyarakat bahasa.
Itulah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang Pengertian Kata Baku dan Fungsinya, semoga apa yang kami uraikan tersebut dapat memberikan manfaat kepada anda.

Artikel Terkait