Pengertian Norma dan Penjelasannya

Pengertian Norma dan Penjelasannya – Di lingkungan masyrakat dalam bersosialisasi perlu adanya sebuah norma-norma. Pengertian dan penjelasan norma mempunyai arti yang luas yang banyak dijelaskan oleh para ahli dalam pendapatnya mengenai apa yang dimaksud Norma. Untuk lebih jelasnya tentang pengertian norma dan penjelasannya berikut ini adalah pembahasan selengkapnya.
Pengertian Norma
Pengertian Norma adalah aturan, kaidah, ketentuan, syarat atau kriteria yang mengandung nilai tertentu yang perlu dipatuhi oleh masyarakat dalam bertindak, berperilaku sehingga bisa terbentuk masyarakat yang teratur, dan aman.
Pengertian norma menurut para ahli
Berikut ini adalah beberapa Pengertian Norma menurut para ahli:
1. Achmad C. Zubair
Pengertian Norma dan Penjelasannya
(Achmad C. Zubair)
Pengertian Norma adalah penilaian. Aturan, garis pengarah, ukuran atau kaidah untuk penilaian dan pertimbangan.
2. Thomas Hobbes
Pengertian Norma dan Penjelasannya
(Thomas Hobbes)
Thomas Hobbes menyatakan bahwa tanpa adanya norma manusia akan jadi srigala bagi sesama manusia (homo homini lupus). Jika sebuah masyarakat tanpa adanya norma, maka bisa timbul kekerasan dan tidak terdapat sebuah keadilan, kedamaian dan ketertiban di dalam kehidupan bermasyarakat. Dengan tidak adanya norma maka pihak yang kuat akan menindas pihak yang lebih lemah. Untuk itulah norma sangat penting bagi kehidupan basyrakat agar kehidupan bisa lebih teratur dan tentram damai.
Sifat sifat Norma
Sifat-sfiat yang dimiliki norma yaitu sifat perintah dan sifat melarang yang harus ditaati oleh seluruh golongan masyarakat. Berikut ini adalah sifat-sifat perintah dan larangan norma yang perlu kita ketahui.
a. Perintah, adalah keharusan seseorang untuk melaksanakan sesuatu yang dampaknya dipandang sebagai sesuatu yang baik. Sebagai contoh apabila seseorang menemui suatu kejahatan maka orang tersebut diharuskan melapor kepada pihak yang berwajib.
b. Larangan, Adalah sebuah keharusan bagi setiap orang untuk tidak berbuat sesuatu karena dampaknya akan dipandang sebagai sesuatu yang tidak baik dan bisa menimbulkan sanksi bagi yang melakukannya. Sebagi contoh hal yang dilarang yaitu mencuri dan membunuh.
Kegunaan Norma adalah
Norma memiliki kegunaan disitiap kita berada, kegunaan norma adalah sebagai berikut.
1. Untuk panduan dan pedoman dalam berperilaku.
2. Untuk tolak ukur di dalam mengevaluasi perbuatan seseorang di dalam tingkah lakunya.
Keberadaan norma dan sanksi selalu berpasangan karena sebuah keadaan yang dikenakan kepada seseorang yang melanggar norma. Jika seseorang melanggar norma maka dia juga dikenai sanksi atas pelanggarannya tersebut sebagai aikibat atau teguran atas perbuatan yang dia lakukan.
Macam-macam Norma
- Norma hukum yaitu norma peraturan yang muncul dari hukum yang berlaku. Tujuan norma hukum yaitu untuk mengatur kepentingan manusia dalam bermasyarakat supaya bisa hidup dengan tertib dan teratur.
- Norma agama yaitu peraturan kehidupan manusia yang sumbernya berasal dari Tuhan (Allah) yang berlaku untuk manusia lewat utusan-utusan Tuhan.
- Norma adat yaitu norma atau aturan yang muncul karena kebiasaan dalam pergaulan sehari-hari di suatu daerah tertentu. Sebagai contoh norma adat yaitu orang yang muda menghormati orang yang lebih tua, cara bersalaman, memberikan tempat duduk kepada yang lebih tua dan yang lainnya.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Norma dan Penjelasannya, semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkait