Pengertian Benua dan Samudra

Pengertian Benua dan Samudra - Pastinya istilah “benua” dan “samudra” sudah sering kita dengar dalam kehidupan kita, namun tahukah kamu apa itu benua? Dan apa itu samudra? Terkadang benua itu disamakan dengan pulau padahal antara benua dan pulau itu berbeda jauh. Tidak hanya benua saja samudra pun juga terkadang disamakan dengan teluk atau danau padahal antara samudra dan danau itu beda jauh dan mempunyai ciri khas sendiri yang berbeda. Untuk itulah dalam pembahasan kali ini kami akan menjelaskan tentang apa itu pengertian benua dan samudra. Di bawah ini adalah penjelasannya silahkan disimak baik-baik.
Pengertian Benua dan Samudra

Pengertian Benua
Secara luas pengertian benua adalah daratan yang amat luas di permukaan bumi. Secara lebih detail dan rinci pengertian benua adalah hamparan daratan yang amat luas yang di bagian tengahnya kering sebab tidak memperoleh pengaruh angin laut yang lembab dan basah. Sebuah benua dikelilingi dan dibatasi oleh samudra. Benua tidaklah sama dengan pulau, karena pulau adalah daratan yang sempit yang dikelilingi lautan. Sebuah benua ada yang bisa dihuni manusia dan ada juga yang tidak bisa dihuni manusia. Contoh benua yang bisa dihuni manusia yaitu benua Australia, Afrika, Eropa, Asia, Amerika. Contoh benua yang tidak bisa dihuni oleh manusia yaitu benua antartika karena suhu di benua ini dingin sekali karena tertutup oleh salju dan es. Untuk luasnya setiap benua mempunyai luas yang tidak sama, berikut ini adalah tabel luas dari benua-benua tersebut.
Luas-Luas Benua
Pengertian Benua dan Samudra

Pengertian Samudra
Samudra adalah sebuah hamparan air asin yang mengelilingi benua atau daratan. Sedangkan laut adalah hamparan air asin yang lebih sempit. Samudra luasnya mencapai 71% dari semua permukaan air yang ada di permukaan bumi. Karena begitu luasnya, samudra dibagi menjadi 4 macam yaitu Samudra Artik, Samudra Atlantik, Samudra Pasifik, dan Samudra Hindia. Dari ke empat samudra tersebut mempunyai luas yang berbeda, di bawah ini adalah tabel tentang luas samudra-samudra tersebut.
Luas-Luas Samudra
Pengertian Benua dan Samudra

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan:

Pengertian Benua dan Samudra

  1. Pengertian Benua yaitu hamparan daratan yang amat luas di bagian tengahnya kering dikarenakan tidak memperoleh pengaruh angin laut yang lembab dan basah. Sebuah benua dikelilingi atau dibatasi oleh sebuah samudra.
  2. Pengertian Samudra yaitu hamparan air asin yang amat luas mengelilingi atau membatasi benua atau daratan. Sedangkan laut yaitu hamparan air asin yang lebih sempit.
Demikian penjelasan yang dapat kami berikan tentang Pengertian Benua dan Samudra, semoga bisa membantu kalian.

Artikel Terkait