--> Skip to main content
Menu

5 Tips Mendapatkan Follower Instagram

Tips ini adalah tips penting! Dimana sekarang ini Instagram telah menjadi sebuah alat yang ampuh untuk keperluan bisnis, influencer, maupun individu yang ingin selalu terhubung dengan para audiens yang lebih luas. Dalam kesuksesan Instagram, salah satu yang menjadi faktor terpenting ialah mempunyai jumlah follower banyak yang relevan dengan niche kamu. Dengan memiliki jumlah follower yang banyak dan terus bertambah, tentu dapat meningkatkan kredibilitas,visibilitas, maupun potensi reach dari konten-kontenmu.

5 Tips Mendapatkan Follower Instagram

Untuk dapat membangun followers yang organik di platform Instagram mungkin bisa terasa berat, tetapi sebenarnya ada banyak sekali cara yang dapat digunakan untuk menarik follower secara alami. Mari, kita kupas secara tuntas rahasia mendapatkan follower instagram!

1. Meningkatkan Dasar Akun kamu

  • Optimasi Profilmu: Profil Instagram itu ibarat etalase tokomu, sehingga kesan pertama merupakan hal penting! Jadi, pastikan bio akun instagrammu kamu buat semenarik mungkin, jelas, informatif, dan dapat mewakili niche atau brand kamu. Gunakanlah foto profil yang memiliki kualitas tinggi, dan jangan lupa untukk memasukkan link yang relevan (website, toko online, dan lain-lain).
  • Bukalah Akun ke Publik: Privasi akun memang baik, akan tetapi perlu diketahui, bahwa akun privat sulit akan sulit untuk ditemukan pengguna baru! Jadi, jika kamu mengincar banyak follower, ubahlah pengaturan akunmu ke akun publik supaya bisa dilihat siapapun dan bissa berinteraksi dengan konten-kontenmu.
  • Mengenali Niche kamu: Mungkin kamu tidak dapat memuaskan semua orang, tetapi itu bukanlah masalah. Identifikasilah niche spesifikmu, entah itu niche kecantikan, travel, atau mungkin fotografi kuliner. Mengetahui target audiens dapat menjadi kunci penting dalam membangun konten yang relevan sesuai dengan minat mereka.

2. Pentingnya Kualitas Konten

  • Visual Aesthetics: Instagram merupakan platform yang berfokus pada visual. Jadi, kamu perlu menginvestasikan waktumu untuk mengambil foto maupun video yang terlihat menarik, jelas, dan memiliki lighting yang bagus. Edit foto kamu seperlunya untuk membuat tampilannya lebih baik.
  • Konten Unik dan Bernilai: Jangan membuat konten hanya sekedar ikut-ikutan tren yang viral. Sebaiknya kamu pikirkan juga bagaimana cara unik mengemas konten yang menonjolkan kepribadianmu, serta dapat memberikan nilai lebih kepada audiens – bisa memberikan hiburan, infomasi, maupun inspirasi.
  • Caption Menarik: Caption yang menarik dapat membantu memberikan konteks pada foto maupun video. Selain itu, caption juga dapat digunakan untuk bercerita, bertanya, hingga memancing interaksi.

3. Menjalin Interaksi Antara Follower

  • Komentar dengan Makna: Berikanlah komentar bernilai tambah di postingan akun-akun lain dengan niche yang serupa dengan niche kamu. Selain sopan, tunjukkanlah kalau kamu aktif dan tertarik dengan niche tersebut. Intinya semakin kamu memberi, maka akan semakin besar pula kesempatanmu untuk menerima.
  • Responsif Terhadap Followermu: Pada saat follower kamu berkomentar atau mengirimkan DM, kamu bisa meluangkan waktumu untuk membalasnya. Respon dengan baik dan hangat sehingga dapat menunjukkan kalau kamu menghargai para audiensmu. Dengan demikian ini dapat mendorong lebih banyak interaksi di masa mendatang.
  • Kolaborasi: Kamu dapat berkolaborasi dengan akun lain yang serupa dengan niche kamu. Kolaborasi bisa dalam sebuah bentuk konten bersama, Instagram Live bersama, atau saling mempromosikan. Cara ini merupakan cara yang ampuh untuk memperkenalkan akunmu ke follower mereka (begitu pula sebaliknya!).

4. Pintar-pintarlah Manfaatkan Fitur Instagram

  • Harness Hashtags: Hashtag itu ibarat rambu jalan, karena dapat menuntun pengguna lain dalam menemukan postinganmu, Maka dari itulah, kamu gunakan hashtag secara strategis dan relevan. Cari tahulah hashtag apa yang sedang populer di niche kamu, tetapi jangan lupa untuk menyisipkan hashtag lokal sesuai dengan wilayahmu.
  • Stories Power: Instagram Stories merupakan fitur yang menarik untuk meningkatkan keterlihatanmu. Kamu dapat manfaatkan Stories untuk membagikan konten update singkat, behind-the-scenes, Q & A ataupun polling interaktif.
  • Reels untuk Reach: Reels merupakan cara yang efektif untuk dapat menjangkau audiens baru karena di Instagram algoritmanya sering mempromosikan Reels. Jadi, kamu dapat membuat konten Reels orisinal yang dapat memberikan hiburan dan pastikan sesuai dengan nichemu.

5. Tips Tambahan dan Strategi Lanjutan

  • Giveaway dan Kontes: Banyak orang yang senang dengan hadiah! Oleh karena itu ajaklah berinteraksi dan raihlah follower baru dengan menyelenggarakan giveaway atau kontes berhadiah menarik. Pastikan kamu membuat aturan dengan jelas, dan hadiahnya juga relevan dengan nichemu.
  • Beriklan di Instagram: Apabila kamu mempunyai budget ekstra, kamu dapat beriklan di Instagram untuk mempercepat mendapatkan banyak follower, Pastikan iklanmu itu tertarget pada audiens dengan minat yang tepat sesuai nichemu.
  • Konsistensi menjadi Kunci: Biasanya pertumbuhan follower itu bertahap, bukan secara drastis dalam waktu semalam. Jadi, buatlah jadwal posting dan usahakan bisa konsisten sesuai dengan jadwal tersebut. Perlu diketahui, kualitas dan keteraturan itu merupakan hal yang penting!
  • Analisis Insight: Amatilah data analytics Instagrammu. Data tersebut dapat memberikan informasi yang berharga terkait konten terbaikmu, waktu paling tepat untuk posting, dan demografi followermu. Gunakanlah informasi tersebut untuk memaksimalkan strategimu.
  • Teruslah Belajar, karena Algoritma Instagram dan tren akan selalu berubah-ubah. Ikutilah perkembangan Instagram terus dan cobalah selalu terbuka untuk mencoba strategi-strategi terbaru.
  • Penutup dan Poin-Poin Tambahan.

Perlu diingat, membangun follower Instagram yang berkualitas itu bukan sprint tetapi marathon. Namun, ada sebuah trik khusus yaitu dengan beli follower instagram indonesia, kamu dapat menggunakan jasa tersebut, karena mereka merupakan professional dalam bidang digital marketing terutama dalam hal social media spesialist. Follower yang diberikan adalah follower dengan hasil iklan atau endorsement yang tentunya bisa membangun reputasi akun bisnis instagrammu.

Tambahin follower merupakan sebuah platform untuk mendapatkan follower, enggagement dan komentar positif yang sangat powerfull di Instagram! Mereka memiliki puluhan team yang sudah professional dalam bidang Digital Marketing dan Social Media Specialist terutama untuk Platform Instagram yang dapat meningkatkan follower akun bisnismu.

Itulah tips-tips dalam artikel ini dan seiring berjalannya waktu, kamu akan bisa melihat pertumbuhan follower secara organik, aktif, dan benar-benar tertarik dengan apa yang telah kamu bagikan.