Skip to main content

Pengertian Shareware dan Contohnya

Pengertian shareware dan contohnya – Software berdasarkan sifat dan karakteristiknya itu ada macam-macam diantaranya yaitu ada yang freeware, shareware, adware, open source dan lain-lain. Nah yang akan kami bahas kali ini yaitu tentang apa itu shareware dan contohnya. Sebelumnya, bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan shareware? Jika kamu belum bisa maka di sini kamu bisa menemukan jawaban tentang apa yang dimaksud shareware dan juga contoh dari shareware. Langsung saja berikut ini adalah penjelasan tentang definisi dan contoh shareware.
Pengertian Shareware dan Contohnya

Menu Pembahasan

Pengertian Shareware

Secara bahasa arti dari istilah shareware adalah software atau aplikasi yang dibagikan. Lalu apa pengertian shareware? pengertian dari shareware adalah software yang dibagikan secara gratis, yang bisa di download dan digunakan oleh pengguna, namun software tersebut penggunaanya hanya berlaku dalam periode tertentu/ ada batas waktunya. Apabila pengguna merasa softwarenya menarik dan sesuai apa yang diinginkan, maka supaya tidak ada batasan waktu penggunaan diharuskan membeli. Biasanya Shareware masa berlaku/ pemakaiannya secara gratis dibatasi contohnya trial 30 hari, atau dapt juga jumlah software tersebut hanya dapat dijalankan misalnya sebanyak 30 kali, terkadang feature-feature tertentu yang tidak dapat diakses atau dengan kata lain belum komplit. Setelah masa berlakunya berakhir, maka biasanya software akan terkunci dan tidak dapat digunakan tetapi ada juga yang masih tetap dapat digunakan sebagaimana mestinya dan namun terbatasi oleh feature-feature tertentu.

Untuk dapat membuka kunci tersebut biasanya dibutuhan lisensi atau serial number, atau hak cipta software tersebut yang didapat setelah melakukan pembelian secara resmi pada seller software atau aplikasi tersebut. Untuk harga software biasanya tergantung dari fitur, fungsi atau kegunaannya.

Secara singkatnya definisi shareware adalah software yang mengijinkan orang untuk mendistribusikan salinannya, namun bagi mereka yang ingin terus menggunakannya diminta untuk membeli lisensinya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Shareware

Apa saja contoh aplikasi dari shareware? contoh perangkat lunak shareware adalah:
  • Internet Download Manager, merupakan software jenis shareware yang menggunakan batasan waktu penggunaan. Shareware ini bisa digunakan secara gratis selama 30 hari, setelah penggunaan melebihi dari waktu yang ditentukan tersebut, maka kamu perlu melakukan pembelian lisensi supaya kamu tetap dapat menggunakannya.
  • Winrar, merpakan software jenis shareware yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kompresi data. Software ini mempunyai batasan penggunaan, yaitu gratis selama 30 hari. Setelah itu supaya kamu tetap bisa menggunakannya, maka kamu harus membeli lisensinya kepada pengembangnya.
  • Microsof Windows, merupakan shareware yang menggunakan limit waktu penggunaan, biasanya dapat digunakan secara gratis dalam kurun waktu 60 hari. Jika ingin tetap bisa menggunakan secara terus menerus maka kamu harus membeli lisensi dari Microsoft dan memasangnya di komputer kamu.
  • CyberLink PowerDVD, merupakan shareware yang bisa digunakan untuk membuat film dengan format DVD dan Blu-ray. Shareware ini bisa kamu gunakan secara gratis dalam kurun waktu tertentu. Jika waktu yang ditentukan telah habis, dan kamu masih ingin tetap menggunakannya maka kamu harus membeli lisensinya.
  • Norton Antivirus, merupakan shareware yang berfungsi untuk membersihkan dan menangkal serangan virus terhadap komputer kamu. Shareware ini bisa kamu gunakan secara gratis selama 30 hari, setelah itu jika ingin tetap menggunakannya maka kamu harus membeli lisensinya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang bisa kami bagikan tentang pengertian shareware dan contohnya. Semoga penjelasan yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar