Skip to main content

Pengertian Hypertext dan Fungsinya, Kelebihan, Kekurangannya

Pengertian hypertext dan fungsinya – Terdapat banyak halaman web pada sebuah website, halaman-halaman tersebut saling terhubung satu dengan yang lain. Hypertext merupakan sebuah istilah yang berhubungan dengan internet dan halman web. Nah apa itu hypertext? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan hypertext? Bagi kamu yang terbiasa membuat web tentunya sudah tahu seperti apa yang dimaksud dengan hypertext beserta fungsinya. Namun bagi kamu yang masih awam akan hal tersebut tentunya bingung jika disuruh menjelaskan arti istilah hypertext. Untuk itulah di sini kami akan mengulas tentang definisi hypertext dan fungsi Hypertext. Tak hanya itu di sini juga kami berikan penjelasan tentang kelebihan dan kekurangan Hypertext serta perbedaan hypertext dan hyperlink.

Pengertian Hypertext dan Fungsinya

Pengertian Hypertext

Hypertext adalah text yang berhubungan dengan dokumen lain atau teks yang nge-link ke informasi lain. Pada link dalam dokumen hypertext apabila di klik, maka dapat dengan cepat menuju/ melompat ke konten yang berbeda. Walaupun hypertext biasanya berkaitan dengan halaman Web, tetapi teknologi sudah ada sejak tahun 1960-an. Software program yang mencakup ensiklopedia dan kamus telah lama dalam definisi mereka istilah hypertext telah digunakan mereka dan mempunyai arti pembaca dapat dengan cepat mengetahui lebih lanjut tentang topik atau kata-kata tertentu. Web merupakan hypertext karena hampir di setiap halaman termasuk link ke halaman lain, dan teks serta gambar dapat digunakan sebagai link ke konten yang lain.

Atau definisi dari hypertext adalah teks dengan referensi ke beberapa teks lain yang bisa diakses secara cepat oleh pengguna. Referensi tersebut disebut dengan hyperlink. Suatu hyperlink menuju ke beberapa dokumen lain atau bagian tertentu di dalam dokumen. Secara singkatnya pengertian dari hypertext yaitu teks dengan hyperlink, sementara hyperlink yaitu referensi dalam hypertext.

Hypertext mengacu pada elemen teks yang mengandung tautan untuk mengakses blok teks dalam dokumen yang sama ataupun beberapa dokumen yang lain. Dengan adanya hypertext, dapat memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu lokasi ke lokasi yang lain menggunakan hyperlink. Melalui cara inilah, pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan.

Hypertext mewakili informasi secara tekstual yang dihubungkan bersama untuk memberikan fleksibelitas yang lebih dalam mengakses informasi. Lebih lanjut lagi, hypermedia merupakan ekstensi dari hypertext, akan tetapi tidak hanya dibatasi untuk teks saja. Hypermedia lebih mewakili elemen multimedia seperti gambar, audio, video, dan animasi. Secara menyeluruh, hypertext membuat halaman web menjadi lebih interaktif.

Hypertext mewakili informasi tekstual yang dihubungkan bersama untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam mengakses informasi. Lebih jauh lagi, hypermedia adalah ekstensi dari hypertext tetapi tidak dibatasi hanya untuk teks. Ini mewakili elemen multimedia seperti gambar, video, audio, dan animasi. Secara keseluruhan, hypertext membantu membuat halaman web lebih interaktif.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Hypertext

Jelaskan fungsi hypertext, hypertext adalah sebagai berikut ini:

  • Untuk membuat halaman web.
  • Untuk membuat link menuju ke halaman web lain dengan kode-kode tertentu (hypertext).
  • Untuk menampilkan berbagai macam informasi di dalam sebuah browser internet.
  • Membantu membuat halaman web menjadi lebih interaktif.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kekurangan Hypertext

Terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan hypertext, diantaranya yaitu sebagai berikut:

Kelebihan Hypertext

Beberapa kelebihan dari hypertext adalah sebagai berikut ini:

  • Menjelaskan media lain yang saling keterkaitan.
  • Mudah untuk diubah maupun diperbarui.
  • Ide-ide abstrak hadir secara efektif.
  • Menyediakan suatu kerahasiaan.
  • Relatif mudah untuk menghasilkan sebuah pendapatan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kekurangan Hypertext

Untuk kekurangan hypertext antara lain adalah sebagai berikut:

  • Terlalu rumit.
  • Memerlukan perhatian yang lebih dari user dibanding dengan media yang lain
  • Kurang mengesankan dibanding dengan media visual yang lainnya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Hypertext dan Hyperlink

Berdasarkan dari penjelasan di atas maka perbedaan hypertext dan hyperlink yaitu bahwa hypertext merupakan teks dengan referensi ke beberapa teks yang lain, sedangkan hyperlink merupakan referensi dalam hypertext yang digunakan untuk mengarahkan pengguna ke suatu bagian dalam dokumen yang sama maupun ke dokumen yang berbeda.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami bagikan tentang pengertian hypertext dan fungsinya. Semoga apa yang telah kami bagikan pada blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar