Skip to main content

Pengertian IRC (Internet Relay Chat), Fungsi & Cara Kerjanya

Pengertian IRC (Internet Relay Chat) – Di antara kamu mungkin ada yang sudah pernah melakukan chatting di internet. Mungkin juga beberapa diantara kamu masih ada yang belum pernah melakukan chatting, bahkan mungkin belum tahu tentang chatting secara online di internet. Untuk melakukan komunikasi di internet kita memerlukan yang namanya IRC. Apa itu IRC? Seperti apakah yang dimaksud dengan IRC itu? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan IRC dalam internet, maka kamu bisa menyimak penjelasan tentang pengertian istilah IRC di sini.

Pengertian IRC (Internet Relay Chat)

Pengertian IRC (Internet Relay Chat)

IRC merupakan singkatan dari internet relay chat. Pengertian IRC adalah program layanan untuk chatting di Internet, yang merupakan suatu bentuk komunikasi di Internet yang dibuat dan digunakan untuk komunikasi interpersonal terutama komunikasi kelompok yang biasa disebut channel (saluran), tetapi dapat juga digunakan untuk komunikasi jalur pribadi.

Pengertian irc sebagai salah satu layanan di internet merupakan sebuah protokol yang dapat memungkinkan pengguna untuk bergabung pada “channel atau saluran” secara individu dan mengirim pesan teks secara real time. Selain itu IRC juga dapat memungkinkan kamu untuk melakukan chatting dengan seluruh saluran atau channel, pengguna pesan pribadi dan untuk bahan berbagi file.

Beberapa situs IRC adalah untuk umum. Di bawah ini adalah beberapa alamat client milik umum:

  • exuokmas.ecn.uoknor.edu 6533
  • sci.dixie.edu 6677
  • irc.tuzvo.sk 6533
  • irc.nsycu.edu.tw 6533
  • obelix.wu-wien.ac.at 6996

IRC mempunyai beberapa perintah dasar yang dapat di gunakan untuk berkomunikasi. Perintah dasar IRC adalah sebagai berikut ini:

  • /Names= merupakan nama seluruh pengguna yang ada di dalam saluran/ channel tersebut.
  • /Ignore= Untuk menolak chanel komunikasi dengan pengguna individu tersebut, diikuti alamat email atau nama julukan pengguna lain.
  • /Nick = mengubah nama samaran atau nama julukan sebelumnya.
  • /Whois= akan menunjukkan informasi tentang pengguna tersebut, diikuti nama julukan.
  • /Msg = untuk mengirimkan pesan khusus kepada pengguna lain, diikuti nama julukannya kemudian isi pesan.
  • /Help =untuk bantuan apabila kesulitan help akan menjelaskan perintah IRC.
  • /Bye = perintah untuk keluar dari saluran/ channel dan program IRC.

IRC bekerja dengan menggunakan client-server maksudnya yaitu setiap pesan yang dikirim oleh client akan ditampung terlebih dahulu oleh server. Biasanya beberapa sistem server yang sederhana hanya menggunakan satu server untuk melayani beberapa client. Tetapi, rata-rata server dari IRC terhubung dengan server-server dari jaringan IRC yang lain. Beberapa server IRC yang terdapat di internet antara lain sebagai berikut ini:

  • IRCnet>120 server.
  • Efnet- 40 server.
  • Undernet- 40 server.
  • GalaxyNet- 30 server.
  • DELnet- 30 server.
  • ChatNet- 15 server.
  • WebNet -15 server.
  • NewNet- 15 server.

Dengan tampilan interface yang masih sederhana, banyak pengguna baru yang merasa kesulitan dalam menggunakan IRC. Karena dalam IRC ada berbagai pilihan server dan printah yang terkadang bisa membuat pemula menjadi kebingungan, bahkan tidak tahu apa yang harus dilakukan. Tidak seperti sistem-sistem chatting yang lain yang bisa memberikan kemudahan dengan tampilan interface yang mudah dipahami.

Karena itulah, hingga akhirnya beberapa program IRC didesain untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi penggunanya. Contohnya mIRC dan IRCLE, yang dengan mengklik mouse, seorang user dapat mengakses berbagai perintah umum yang terdapat dalam IRC. Dengan begitu user tidak perlu repot-repot menghapal dan mengetikkan perintah IRC secara manual.

Dikarenakan source code asli IRC tidak memiliki copyrighted (hak milik), maka semua orang bisa dengan bebas memodifikasinya. Sehingga banyak server-server IRC yang memodifikasinya bahkan memnambahkan fitur-fitur tambahan yang menarik yang disesuaikan dengan keigninan dan kebutuhan dari server tersebut.

Hal tersebutlah yang membuat tidak adanya standarisasi dalam hal penggunaan perintah atau sintax. Tetapi untuk perintah-perintah dasar, umumnya dapat dikenal oleh seluruh server IRC. Sedangkan untuk menjalankan fitur-fitur tertentu, seorang pengguna atau user memerlukan bantuan dari server terkait.

Selain menggunakan model client-server, terdapat juga program IRC yang mengijinkan untuk menggunakan model DCC (Direct Client Connection). Dengan menggunakan model inilah, koneksi antar client dpaat terjadi tanpa adanya bantuan dari server. Hubungan atau koneksi seperti ini dapat terjadi karena adanya bantuan dari Internet Protocol (IP).

Biasanya koneksi model DCC lebih disukai oleh pengguna yang sudah berpengalaman. Karena melalui jenis koneksi yang secara langsung inilah, proses transfer antar kedua client dapat dilakukan secara lebih cepat. Namun, koneksi jenis ini juga mempunyai resiko yang tinggi. Karena sebab itulah, hanya 2 orang yang memang benar-benar sarling mengenal saja yang dapat melakukan koneksi jenis ini.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi IRC (Internet Relay Chat)

Kegunaan IRC (Internet Relay Chat) adalah untuk berkomunikasi dengan orang lain maupun grup menjadi lebih mudah. Selain digunakan untuk mengirim pesan, IRC juga bisa digunakan untuk mengirim data, mencatat peristiwa pada saluran atau channel IRC, membuat statistik, memberikan informasi yang diinginkan, menyelesaikan permainan tebak-tebakan dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja IRC

IRC, dalam melakukan komunikasi menggunakan sistem client-server. Di mana maksudnya yaitu apabila seorang pengguna (user) ingin menggunakan fasilitas IRC, selain harus mempunyai akses internet, pengguna tersebut terlebih dahulu harus menginstall sebuah software tertentu.

Sesudah menginstall software tersebut maka selanjutnya dia dapat ikut bergabung ke dalam room-room yang sudah tersedia ataupun membuat roomnya sendiri. Room atau yang dikenal ruang-ruang chatting yang terdapat di IRC ini umumnya disebut sebagai saluran atau channel.

Biasanya seorang pengguna (user) bebas untuk masuk atau bergabung dengan channel yang diinginkan. Namun ada pula room-room yang hanya menerima user dengan kriteria-kriteria tertentu secara khusus. Biasanya room atau channel seperti itu dibuat secara khusus untuk golongan tertentu.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Aplikasi IRC

Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi IRC:

  • Google Talk
  • Yahoo Messenger
  • Whats App
  • Line IM
  • Live Connect
  • mIRC
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang sudah dapat kami tuliskan tentang pengertian IRC (internet relay chat). Semoga penjelasan tersebut yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian bisa memberikan manfaat bagi kita.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar