Skip to main content

Pengertian Variabel Independen dan Contohnya

Pengertian variabel independen dan contohnya - Dalam sebuah penelitian, pastilah harus ada yang namanya variabel penelitian. Variabel penelitian mencerminkan suatu karakteristik populasi yang akan ditelaah. Terdapat berbagai jenis variabel yang digunakan dalam penelitian, salah satunya yaitu variabel independen. Apa itu variabel independen? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud dengan variabel independen dalam penelitian? Maka di sini kamu bisa membaca tentang arti dari variabel independen. Di sini selain kami jelaskan definisi variabel independen secara umum juga kami jelaskan definisi variabel independen menurut para ahli. Tidak hanya itu untuk menambah pemahaman tentang variabel independen di sini juga kami sertakan contoh variabel independen.

Pengertian Variabel Independen dan Contohnya

Pengertian Variabel Independen

Variabel Independen adalah variable yang bebas, stimulus, predictor, eksougen atau antecendent, yaitu variabel yang mempengaruhi/ menjadi penyebab berubahnya/ timbulnya variabel dependen atau variable terkait. Variabel Independen merupakan variabel penelitian yang memengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi/ dipilih oleh seorang peneliti untuk menetapkan/menentukan hubungan antara fenomena yang sedang diamati.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Variabel Independen Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah penjelasan tentang pengertian variabel bebas menurut para ahli:

  • Pengertian variabel Independen menurut Widiyanto (2013), bahwa variabel independen adalah variabel yang mempengaruhi variabel lain.
  • Pengertian variabel independen menurut Sugiyono dalam Zulfikar (2016), bahwa variabel independen yaitu variabel yang menjadi penyebab timbulnya atau adanya perubahan variabel dependen, dan di sebut juga sebagai variael yang mempengaruhi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Variabel Independen

Contoh variabel independen adalah:

“Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi mahasiswa”

Dari penelitian yang akan diungkap tersebut, maka yang merupakan variabel independen adalah “motivasi belajar” karena (mempengaruhi). Sedangkan “prestasi mahasiswa” itu adalah variabel dependen (dipengaruhi).

“Pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan”

Dari judul penelitian tersebut bisa dijelaskan bahwa “motivasi” merupakan variael independen (mempengaruhi). Sedangkan “kinerja karyawan” merupakan variabel dependen (dipengaruhi). Jadi bisa disimpulkan bahwa kata kunci untuk mengetahui jenis variabel tersebut yaitu “mempengaruhi” dan “dipengaruhi”.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana sekarang kamu sudah paham kan tentang pengertian variabel independen dan contohnya. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian di atas dapat menambah pengetahuan kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar