Skip to main content

Pengertian SQL dan Fungsinya serta Jenis Perintah SQL

Pengertian SQL dan fungsinya - Sebelum memulai belajar database, ada baiknya kita terlebih dahulu mengetahui bahasa yang digunakan dalam penulisan perintah atau manipulasi data pada database. Bahasa tersebut dikenal dengan SQL, apa itu SQL? Jika kamu belum tahu apa yang dimaksud dengan SQL, mungkin karena baru denger atau baru mau belajar. Maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan tentang definisi SQL. Selain membahas pengertian SQL secara umum di sini juga kami sertakan pembahasan pengertian SQL menurut para ahli. Tidak hanya itu di sini juga kami bahas tentang fungsi SQL dan juga jenis perintah dalam SQL. Langsung saja simak pembahasannya berikut ini.

Pengertian SQL dan Fungsinya

Pengertian SQL

SQL adalah singkatan dari STRUCTURE QUERY LANGUAGE yaitu Bahasa universal yang dapat digunakan untuk memodifikasi dan mengakses data dan informasi yang tersimpan di dalam database, SQL merupakan bahasa yang didukung oleh semua DBMS (database management system). Secara de facto SQL adalah bahasa standar yang dipakai di dalam manajemen basis data relasional. Sekarang ini hampir seluruh server basis data yang ada mendukung bahasa SQL untuk melakukan manajemen datanya.

Dapat pula di definisikan bahawa SQL adalah bahasa pemrograman khusus dalam sistem manajemen basis data yang menggunakan query untuk menjalankan perintah-perintahnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian SQL Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah beberapa pengertian SQL menurut para ahli dalam bukunya:

  • Menurut Raharjo (2011 : 55), bahwa SQL adalah bahasa atau dapat juga disebut sebagai kumpulan dari perintah-perintah standar yang biasa dipakai untuk berkomunikasi dengan database.
  • Menurut Prasetio (2012 : 182), bahwa SQL adalah singkatan dari Structured Query Language. SQL dipergunakan untuk berkomunikasi dengan sebuah basis data. Sesuai dengan ANSI, SQL adalah bahasa standar yang digunakan untuk sistem manajemen database relasional.
  • Menurut Priyadi (2014 : 82), bahwa SQL yaitu sebuah aplikasi komputer yang merujuk kepada konsep RDBMS (Relational Database Management Systems), terdapat sebuah struktur bahasa yang sudah standar untuk membangun databasenya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi SQL

Dalam pengelolaan sebuah database, keberadaan dari SQL itu memberikan fungsi tersendiri. Bagi seorang admin, fungsi dari sql adalah untuk dapat memungkinkan mengakses maupun mengubah database. Dengan SQL maka kita bisa menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang kita perlukan. Termasuk juga memperbarui atau menyisipkan data ke dalam database.

Selain itu SQL juga dapat digunakan untuk menghapus suatu data dalam database. Fungsi lain dari SQL yaitu untuk membuat sebuah prosedur baru dan ini akan tersimpan di dalam sebuah database. Selain itu SQL juga dapat digunakan untuk mengatur hak akses dalam tabel, prosedur, maupun hal-hal lainnya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Perintah SQL

Terdapat 3 jenis perintah dalam sql, adapun jenis perintah sql dan contohnya adalah sebagai berikut ini:

1. Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language (DDL) adalah jenis perintah SQL yang berkaitan dengan pembuatan struktur tabel maupun database. Perintah tersebut digunakan untuk membuat, mendefinisikan, mengubah, menghapus dan menampilkan basis data serta objek-objek yang diperlukan dalam basis data. Contoh perintah DDL diantaranya yaitu:

  • Create adalah sebuah perintah yang dapat kamu gunakan pada saat membuat database baru, baik itu berupa tabel atau sebuah kolom baru. Contoh perintah membuat database bisa menggunakan query: CREATE DATABASE nama_database.
  • Alter adalah sebuah perintah yang dapat digunakan pada saat seseorang ingin mengubah struktur tabel yang bebelumnya telah ada. Dalam hal ini, bisa jadi adalah nama tabel, penambahan kolom, mengubah ataupun menghapus kolom dan menambahkan atribut yang lain.
  • Rename adalah sebuah perintah yang dapat digunakan untuk mengubah sebuah nama dalam sebuah tabel maupun kolom yang ada. Contoh penggunaan query atau perintah rename yaitu: RENAME TABLE nama_tabel_lama TO nama_tabel_baru.
  • Drop adalah sebuah perintah yang dapat digunakan untuk menghapus baik itu database, tabel maupun kolom hingga index.
  • Show adalah perintah yang dapat digunakan untuk menampilkan sebuah tabel yang ada.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

2. Data Manipulation Language (DML)

DML(data manipulation language) adalah jenis peritnah SQL digunakan untuk memanipulasi data yang ada dalam suatu tabel. Manipulasi data tersebut meliputi memasukkan data, membaca data, memperbarui data dan menghapus data. Contoh perintah SQL untuk DML yaitu sebagai berikut ini:

  • Insert adalah sebuah perintah yang digunakan untuk memasukkan sebuah record baru di dalam sebuah tabel database.
  • Select adalah perintah yang dapat digunakan untuk menpilkan maupun untuk mengambil sebuah data pada tabel. Data yang diambil tidaklah hanya sebatas pada satu jenis saaja tetapi bisa lebih dari satu tabel menggunakan relasi.
  • Update adalah perintah yang diguankan untuk melakukan suatu perubahan data pada sebuah tabel. Misalnya jika terdapat sebuah kesalahan pada saat menginputkan sebuah record. Maka tidak perlu menghapusnya tetapi bisa menggunakan perintah update untuk memperbaikinya.
  • Delete adalah peritnah DML yang dapat digunakan untuk menghapus sebuah record yang terdapat dalam sebuah tabel.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

3. Data Control Language (DCL)

Data control language adalah jenis perintah SQL yang berhubungan dengan manajemen hak akses dan user atau pengguna yang bisa mengakses database maupun tabel dan juga field. Melalui perintah inilah, seorang admin database bisa menjaga kerahasiaan sebuah database, terutama untuk data-data yang penting. Yang termasuk dalam perintah DCL diantaranya yaitu sebagai berikut:

  • Grant adalah perintah yang digunakan pada saat admin database ingin memberikan hak akses kepada user lain. Tentunya dalam pemberian hak akses ini bisa diatur atau dibatasi. Selain itu dalam hal ini admin juga bisa memberikan akses mengenai perintah dalam DML tersebut.
  • Revoke adalah perintah kebalikan dari Grant, yaitu perintah yang digunakan untuk mencabut atau menghapus hak akses seorang user atau pengguna yang mulanya diberikan akses oleh admin database menggunakan perintah Grant.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jadi berdasarkan perintah di atas dapat disimpulkan bahwa pengertian SQL adalah sebuah bahasa khusus yang digunakan pada saat membuat atau mengolah database dalam sebuah website. Itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian SQL dan fungsinya serta jenis perintah SQL. Semoga penjelasan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar