--> Skip to main content

Pengertian Robotika dan Contoh Robot

Saat ini perkembangan teknologi informsi dan otomasi industri berkembang semakin pesat. Dalam hal ini komputer menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan industri itu sendiri. Mau tidak mau berbagai hal akan berintegrasi dengan berbagai disiplin ilmu seperti mekanika, elektronika, pemrograman dan lain-lain termasuk robotika. Nah apa itu robotika? Mungkin teman-teman sudah sering dengar istilah “robotika” namun belum tahu secara jelas seperti apakah yang dimaksud dengan robotika itu. Maka dari itu di sini akan kami jelaskan tentang pengertian robotika agar teman-teman paham dengan apa yang dimaksud dengan robotika. Di sini akan kami bahas pengertian lengkap tentang robotika mulai dari pengertian secara umum hingga contoh-contoh robot.

Pengertian Robotika
Menu Pembahasan

Pengertian Robotika

Robotika berasal dari kata robot yang artinya perangkat elektronik yang dapat diprogram untuk melakukan otomasi terhadap suatu tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia. Jadi pengertian dari robotika yaitu studi yang berhubungan dengan pembuatan robot.

Kata robot berasal dari Robota (bahasa cheko) yang artinya adalah pekerja yang tidak punya lelah dan bosa. Robot merupakan sebuah perangkat mekanik yang dapat menjalankan tugas-tugas baik itu dibawah kendali dan pengawasan manusia atau dijalankan melalui serangkaian program yang terlebih dahulu telah didefinisikan. Sehingga dapat diartikan bahwa robotika merupakan salah satu cabang teknologi modern yang berhubungan dengan desain, operasi, konstruksi, disposisi struktural, pembuatan & aplikasi dari robot. Robotika menjadi bidang ilmu yang terkait dengan ilmu pengetahuan bidang mekanika, elektronika, mesin, algoritma dan juga perangkat lunak komputer (software).

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Robot

Berikut ini adalah beberapa contoh robot dalam kehidupan sehari-hari:

Scrubmate

robot scrubmate

Merupakan robot pembersih kamar mandi yang diciptakan oleh Joe Engleberger. Robot ini dilengkapi dengan control terkomputerisasi, mempunyai sensor mata ultrasonic serta dilengkapi dengan peralatan pembersih.

Sojourner

robot Sojourner

Merupakan kendaraan robot beroda enam. Robot ini digunakan NASA tahun 1997 dalam eksplorasi di planet Mars. Robot ini dilengkapi dengan mata laser dan dapat mengambil sampel atmosfir dan tanah dan mengirimkan data dan foto ke bumi.

SICO

robot SICO

Robot SICO ini dikenal dengan “The Robot Therapist”. Robot ini diciptakan oleh Robert Doornick. Robot SICO pernah digunakan di rumah sakit di New York yang berfungsi untuk membantu anak-anak yang mempunyai masalah emosi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Robot menjadi simbol kemajuan sebuah teknologi, karena didalamnya mencakup berbagai elemen keilmuan, seperti mekanika, elektronika, kinematika, dinamika, algoritma dan lain-lain. Inilah yang menjadi sebuah alasan yang tepat untuk mengasah ilmu yang ada di dalamnya. Suatu ikon pendidikan akan semakin termasyur jika selalu mengutamakan teknologi didalamnya. Sebuah ikon ini penting untuk membangun semangat kemajuan, karena hal ini dapat menjadi sebuah patokan awal dari suatu perjuangan yang akan selalu dilanjutkan oleh generasi penerus.

Demikian yang dapat kami sampaikan dalam postingan kali ini tentang Pengertian Robotika. Semoga apa yang kami sampaikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar