--> Skip to main content

Pengertian Computer Vision Dan Contohnya Serta Fungsinya

Computer vision merupakan salah satu bentuk dari pengembangan teknologi informasi yang sekarang telah banyak digunakan dalam berbagai aktifitas. Nah, apa yang dimaksud computer vision? Bagi kamu yang baru dengar tentunya masih awam akan arti computer vision. Maka dari itulah di sini akan kami jelaskan tentang apa itu computer vision dan apa manfaatnya. Selain membahas definisi computer vision dan fungsinya di sini juga akan kami bahas tentang contoh dari computer vision.

Pengertian Computer Vision Dan Contohnya

Pengertian Computer Vision

Computer vision adalah ilmu yang dapat memungkinkan sebuah computer bisa melihat benda atau objek yang berada di sekitarnya. Dengan kemampuan melihat objek tersebut, komputer mampu menganalisis sendiri benda atau gambar yang berada di depannya sehingga informasi tersebut dapat menghasilkan suatu perintah tertentu.

Cara Kerja Computer Vision

Computer vision merupakan proses otomatis yang mengintegrasikan sejumlah besar proses untuk persepsi visual, seperti akuisisi citra, pengolahan citra, pengenalan dan membuat keputusan. Computer vision mencoba meniru bagaimana cara kerja sistem visual manusia (human vision) yang sebenarnya sangat kompleks. Objek dilihat oleh manusia dengan indra penglihatan/ mata. kemudian citra objek dilanjutkan ke otak untuk diinterpretasi sehingga manusia dapat mengerti objek apa yang terlihat dalam pandangan penglihatannya. Hasil interpretasi ini dapat dipakai untuk pengambilan keputusan (misal menghindar jika melihat ada mobil di depan).

Implementasinya dalam bidang computer vision bisa kita lihat pada Scan QR. Pada saat kode Scan QR di deteksi oleh sebuah komputer (smartphone) tertentu, maka kode yang telah discan tersebut akan mengirimkan suatu kode yang nantinya akan menjalankan suatu perintah tertentu. Misalnya perintah untuk membuka kunci, masuk menggunakan profil tertentu, melakukan pembayaran, dan lain sebagainya.

Proses Computer Vision

Proses-proses dalam computer vision:

  • Memperoleh/ untuk mengakuisisi citra digital.
  • Operasi pengolahan citra/ untuk memodifikasi data citra.
  • Melakukan analisis, interpretasi citra dan menggunakan hasil pemrosesan untuk tujuan tertentu, misal memantau proses manufacture, mengontrol peralatan, memandu robot, dan lain-lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Computer Vision

Computer vision mempunyai beberapa fungsi sehingga dapat membantu meringankan pekerjaan manusia. Adapun fungsi computer vision diantaranya adalah sebagai berikut ini:

1. Memperoleh Informasi yang jelas

Penggunaan computer vision dapat memberikan manfaat kepada penggunanya yaitu bisa mengetahui objek dengan lebih jelas. Misalnya penggunaan kamera yang mampu menangkap objek atau gambar dengan lebih jelas.

2. Meningkatkan kualitas gambar

Penggunaan computer vision juga dapat membuat gambar yang diambil menggunakan kamera menjadi lebih berkualitas (jernih). Hal tersebut disebut sebagai image processing. Jadi objek yang ditangkap akan diberikan perintah berupa peningkatan kualitas gambar. Dengan adanya sistem image processing ini dapat memungkinkan untuk mengurangi noise yang terdapat dalam gambar.

3. Dapat melakukan analisis

Pemanfaatan computer vision dapat memungkinkan komputer dapat melakukan analisis proses selanjutnya. Seperti yang telah dicontohkan pada penggunaan mesin scanner. Selain bisa digunakan untuk menangkap gambar, juga dapat memproses untuk langkah selanjutnya. Misalnya untuk disimpan secara otomatis, ataupun untuk mendapatkan perintah lainnya sesuai dengan yang diinginkan.

4. Dapat memahami objek

Keberadaan computer vision dalam dunia industri seperti manufaktur akan sangat membantu proses produksi sebuah barang. Dengan adanya computer vision, maka memungkinkan komputer mampu memahami apa yang harus dilakukan. Hal tersebut berkaitan dengan teknik keceradasan buatan (Artificial Interlligent).

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Computer Vision

Terdapat beberapa contoh penerapan computer vision. Adapun contoh computer vision dalam kehidupan sehari hari adalah sebagai berikut ini.

1. Penggunaan dalam bidang Matematika

Sudah jelas bahwa computer vision mempunyai hubungan yang erat dengan bidang matematika. Terutama dalam hal statistik, geometri dan optimasi. Beberapa hal dalam matematika tersebut sangat erat kaitannya dengan komputer. Hal tersebut berhubungan dengan kecepatan dalam memproses data supaya tidak memakan waktu yang terlalu lama.

2. Penggunaan dalam bidang kecerdasan buatan

Penerapan Computer Vision dalam bidang kecedasan buatan mungkin sudah sangat sering kita temui di lingkungan kita misalnya adanya robot, scan foto, absen sidik jari, dan lain-lain. Diharapkan dengan adanya kecerdasan buatan tersebut akan lebih banyak membantu memudahkan manusia dalam kesehariannya.

3. Penggunaan dalam bidang Industri

Sekarang ini di dalam bidang industri sangat merasakan manfaat dari perkembangan komputer. Misalnya penggunaan mesin dalam proses pembuatan barang-barang industri seperti motor, mobil dan barang-barang yang lain. Tidak hanya itu saja, penggunaan computer vision juga bisa membuat komputer mampu menyortir suatu barang.

4. Penggunaan dalam bidang kendaraan

Saat ini penggunaan dari computer vision pada kendaraan sudah mulai banyak digunakan. Sebagai contoh ketika melakukan parkir. Saat ini mobil-mobil buatan terbaru telah terpasang alat sensor yang sangat membantu pada saat parkir. Dengan adanya sensor tersebut, pada saat memundurkan mobil kamu bisa mengetahui apakah ada benda keras ataukah tidak. Apabila mobil mendekati benda keras, maka alaram akan berbunyi.

Begitu pula dengan pesawat terbang, karena saat ini beberapa pesawat terbang yang ada di dunia telah menggunakan sistem auto pilot. Jadi, pesawat bisa bergerak di udara tanpa pilotnya sendiri yang ikut mengendalikan pesawat. Tidak hanya itu saja, sistem navigasi yang dipakai untuk pesawat terbang juga menggunakan sistem computer vision.

5. Penggunaan dalam bidang medis

Penggunaan computer vision dalam bidang medis diantaranya yaitu penggunaan dalam perangkat medis x-ray, gambar tomografi dan gambar ultrasonik. Dengan keberadaan perangkat-perangkat tersebut, maka dapat membantu dokter dalam mengetahui adanya penyakit yang terdapat dalam tubuh manusia tanpa perlu melakukan pembedahan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami uraikan tentang pengertian computer vision dan contohnya beserta dengan fungsinya. Semoga penjelasan yang telah kami uraikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar