Pengertian Voltmeter

Pengertian voltmeter - Apa arti dari voltmeter? Tahukah kamu arti dari voltmeter? Seperti apa itu voltmeter? Mungkin kita sering mendengar yang namanya voltmeter namun belum tahu alat apa itu dan digunakan untuk apa. Untuk itulah dalam pembahasan ini kami akan memberikan sedikit informasi tentang apa yang dimaksud dengan voltmeter. Pembahasan ini kami tujukan kepada anda yang belum tahu tentang apa yang dimaksud voltmeter itu. Langsung saja berikut ini penjelasan tentang definisi voltmeter beserta fungsinya dan juga cara menggunakan voltmeter. Silahkan dibaca dan dipahami agar bisa paham tentang alat yang namanya voltmeter.
Pengertian Voltmeter

Pengertian Voltmeter

Voltmeter adalah alat ukur tegangan listrik. Sebuah voltmeter terdiri atas sebuah galvanometer dan hambatan yang dipasangi seri. Voltmeter merupakan alat yang digukan untuk mengukur besaran tegangan listrik atau beda potensial listrik antara dua titik dalam sebuah rangkaian listrik yang di aliri oleh arus listrik.

Biasanya pada alat ukur voltmeter ditemukan tulisan voltmeter (V), milivoltmeter (mv), mikrovoltmeter serta kilovoltmeter(kV). Saat ini, voltmeter ada 2 jenis yakni voltmeter analog (dengan jaru penunjuk) dan voltmeter digital. Voltmeter mempunyai batas ukur tertentu yaitu nilai tegangan maksimum yang bisa diukur oleh alat voltmeter. Apabila tegangan yang diukur dengan voltmeter melebihi batas ukurannya maka voltmeter bisa rusak. Batas ukur voltmeter dapat dinaikkan dengan menambahkan hambatan yang dipasang seri dengan voltmeter yang disebut hambatan depan.

Voltmeter dirangkai secara paralel terhadap letak komponen yang diukur dalam rangkaian. Voltmeter terdiri atas lempengan-lempengan tembaga yang terpasang pada bakelite yang disusun dalam sebuah tabung kaca atau plastik. Lempengan luar berfungsi sebagai anode dan lempengan yang tengah berfungsi sebagai katode. Tabung tersebut umumnya mempunyai ukuran tinggi 10 cm dan diameternya 10 cm.

Sebuah gaya magnetik akan timbul dari adanya interaksi antar medan magnet dan kuat arus. Dengan adanya gaya magnetik tersebut maka jarum pada alat pengukur voltmeter akan dapat bergerak ketika ada arus listrik. Jika arus listrik yang mengalir semakin besar, maka semakin besar pula penyimpangan jarum yang akan terjadi.

Cara Penggunaan Voltmeter

Cara penggunaan voltmeter yaitu dilakukan dengan cara merangkainya secara paralel dengan rangkaian listrik yang tegangannya akan diukur.
Pengertian Voltmeter

Tegangan listrik hasil dari pengukuran voltmeter dirumuskan sebagai berikut:
Tegangan (V) = (Angka yang ditunjukkan jarum voltmeter / skala maksimum) x batas ukur

Demikianlah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian voltmeter. Semoga penjelasan di blog temukan pengertian di atas bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru