Pengertian Asas Ekoregion

Pengertian asas ekoregion – Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan asas ekoregion dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup? Seperti apa itu asas ekoregion. Mungkin di antara teman-teman ada yang mencari jawaban tentang pertanyaan yang dimaksud asas ekoregion. Nah bagi-teman-teman yang masih bingung menjawabnya, di sini kami akan memberikan jawaban tentang definisi asas ekoregion dalam hukum lingkungan. Silahkan di simak ya, dibaca sampai selesai penjelasan yang kami tulis tentang asas region ini.
Pengertian Asas Ekoregion

Pengertian Asas Ekoregion

Ekoregion merupakan salah satu asas yang penting dalam pelaksanaan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Asas ekoregion termasuk salah satu asas pengelolaan lingkungan yang baru saja ditegaskan dalam UUPPLH-2009. Asas ekoregion adalah bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup harus memperhatikan karekteristik sumber daya alam, ekosistem, kondisi geografis, budaya masyarakat setempat, dan kearifan lokal (Menurut pasal 2 huruf h UUPPLH-2009). Dari penjelasan tersebut sudah jelas bahwa pengelolaan lingkungan hidup tidak dapat dibatasi secara ketat oleh pendekatan administratif-wilayah. Hal tersebut dikarenakan lingkungan mempunyai ciri-ciri ekologis yang memiliki batas-batas wilayah administratif tersebut (beyond the administrative boundary).

Asas ekoregion secara prinsip bertujuan untuk memperkuat serta memastikan terjadinya koordinasi horizontal antar wilayah administratif yang saling bergantung dari huli-hilir dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan hidup yang mengandung persoalan pemanfaatan, perancangan sumber daya alam maupun dalam permasalahan lingkungan hidup. Selain itu asas ekoregion memiliki tujuan supaya secara fungsional bisa menghasilkan perencanaan perlindungan serta pengelolaan lingkungan hidup, pemantauan serta evaluasi secara bersama-sama antar daerah dan antar sektor yang saling bergantung, walupun setiap secara operasional kegiatan pembangunan dijalankan sendiri-sendiri oleh dinas/ sektor dan wilayah administrasi sesuai dengan kewenangan masing-masing. Dasar asas ekologis juga akan mewujudkan penguatan secara kapasitas serta kapabilitas lembaga (dinas/ sektor) yang disesuaikan dengan karekteristik serta dukungan sumber daya alam yang akan maupun yang sedang dimanfaatkan.

Itulah penjelasan yang bisa saya jelaskan tentang apa yang dimaksud asas ekoregion, sekarang anda sudah mengerti kan, semoga bermanfaat ya.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru