Pengertian Asas Keanekaragaman Hayati

Advertisement
Pengertian asas keanekaragaman hayati – Tahukah anda apa itu asas keanekaragaman hayati? Diantara anda mungkin ada yang tahu tentang apa yang dimaksud dengan asas keanekaragaman hayati. Biasaanya asas keanekaragaman hayati kita pelajari dalam materi perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup karena dalam pengelolaan lingkungan hidup terdapat berbagai macam asas yang salah satunya yaitu asas keanekaragaman hayati. Bagi kamu yang ingin tahu tehtang apa yang dimaksud asas keanekaragaman hayati bisa menyimak definisi asas keanekaragaman hayati yang kami tulis dalam artikel ini. Inilah arti dari asas keanekaragman hayati silahkan dibaca sampai selesai.
Pengertian Asas Keanekaragaman Hayati

Pengertian Asas Keanekaragaman Hayati

Asas keanekaragaman hayati adalah bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan harus memperhatikan upaya terpadu untuk mempertahankan keberadaan, keragaman, dan keberlanjutan sumber daya alam hayati yang terdiri atas sumber daya alam nabati dan sumber daya alam hewani yang bersama dengan unsur nonhayati di sekitar secara keseluruhan membentuk ekosistem (Menurut pasal 2 huruf I UUPPLH-2009).

Asas tersebut sangatlah penting dikarenakan keanekaragaman hayati dewasa ini telah mengalami pengurangan dan kehilangan yang nyata, sehingga akan dikhawatirkan dapat mengganggu keseimbangan sistem kehidupan di bumi dan pada akhirnya akan mengganggu keberlangsungan hidup manusia di bumi.

Selain itu keanekaragaman hayati merupakan salah satu potensi kekayaan sumber daya alam yang sekarang ini menjadi masalah yang menarik. Hal itu dikarenakan potensi keanekaragaman hayati termasuk salah satu pendorong bagi perkembangan bioteknologi. Keanekaragaman sumber daya alam hayati ini tergolong bisa diperbaharui, sehingga bisa dikembangkan dan dimanfaatkan secara berkelanjutan sebagai salah satu komponen aset pembangunan negara. Tetapi masih banyak negara yang belum melihat potensi yang patut untuk dikembangkan ini sebagai asetnya yang sangat bermanfaat dan berguna untuk peningkatan perekonomian negara. Dikarenakan diabaikan dalam keikutsertaannya sebagai bagian dari konsep pembangunan nasional, maka tingkat penurunan serta perusakan keanekaragaman hayati cukup meningkat tajam. Di sisi lain, beberapa negara sudah mulai untuk memanfaatkan keanekaragaman hayati ini. Namun hanya sebagian kecil saja yang telah berhasil memanfaatkannya, hal itu dikarenakan keterbatasan kemampuan yang dimiliki.

Itulah penjelasan yang dapat kami sampaikan tentang pengertian asas keanekaragaman hayati, semgoa penjelasan pada blog temukan pengertian di atas bisa dengan mudah anda pahami.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru