Pengertian Keanekaragaman Hayati

Pengertian Keanekaragaman HayatiKeanekaragaman Hayati adalah/ Keanekaragaman Hayati yaitu/ Keanekaragaman Hayati merupakan/ yang dimaksud Keanekaragaman Hayati/ arti Keanekaragaman Hayati/ definisi Keanekaragaman Hayati.
Keanekaragaman Hayati yaitu

Keanekaragaman Hayati adalah beranekaragamnya makhluk hidup di lingkungan. Keanekaragaman tersebut didasarkan pada ciri-ciri dan sifat yang diamati . Keanekaragaman ditimbulkan oleh dua faktor yaitu faktor gen dan faktor lingkungan. Keanekaragaman menyebabkan berjenis-jenis hewan dan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitara kita. Keanekaragaman tidak saja terjadi antarjenis, tetapi di dalam satu jenispun terdapat keanekaragaman. Adanya warana, bentuk, dan ukuran dalam satu jenis disebut variasi.
Variasi adalah perbedaan yang terdapat dalam individu dalam satu spesies. Macam-macam variasi adalah: variasi bentuk, variasi penampilan, variasi jumlah, dan variasi sifat.
Faktor penyebab terjadinya variasi:
1. Faktor luar, misalnya suhu, tanah, dan makanan.
2. Faktor dari dalam, misalnya rekombinasi gen.
Keanekaragaman hayati atau biodiversity ditunjukkan dengan adanya keanekaragaman spesies makhluk hidup (hewan, tumbuhan dan mikroorganisme) serta proses ekologi dalam ekosistem di mana mereka berada.
Keanekaragaman hayati dapat dibedakan menjadi 3 tingkat, sebagai berikut:
1. Keanekaragaman gen.
2. Keanekaragaman jenis.
3. Keanekaragaman ekosistem.
Demikian Pengertian Keanekaragaman Hayati semoga dapat bermanfaat.

Artikel Terkait