Pengertian Evaluasi Usaha

Advertisement
Pengertian evaluasi usaha – Dalam sebuah usaha ada yang namanya evaluasi usaha agar usaha yang dijalaninya menjadi lebih baik. Tahukah kamu apa itu evaluasi usaha? Bisakah kamu menjelaskan arti evaluasi usaha? Bagi kamu pasti ada yang sudah tahu seperti apa yang dimaksud evaluasi usaha, namun tak jarang juga masih ada yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan evaluasi usaha itu. Untuk itulah di sini kami akan memberikan penjelasan tentang definisi evaluasi usaha. Selain menjelaskan tentang pengertian dari evaluasi usaha, di sini juga akan kami berikan penjelasan mengenai tujuan evaluasi usaha, kegunaan evaluasi usaha dan tahap tahap evaluasi usaha.
Pengertian Evaluasi Usaha

Pengertian Evaluasi Usaha

Evaluasi usaha adalah suatu aktivitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha bisnis. Prinsip dasar utama evaluasi usaha yaitu membandingkan rencana usaha yang sudah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang sudah dicapai pada akhir masa produksi. Sebuah usaha dapat dikatakan berhasil jika usaha tersebut bisa memenuhi kewajiban membayar bunga modal, upah tenaga kerja luar, alat-alat luar yang digunakan, serta sarana produksi yang lainnya dan juga termasuk kewajibannya pada pihak ketiga.

Tujuan Evaluasi Usaha

Tujuan evaluasi usaha adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana tingkat keberhasilan pelaksanaan usaha, apakah usaha tersebut sudah berjalan sesuai dengan yang direncanakan dan memberikan hasil seperti apa yang diharapkan.

Kegunaan Evaluasi Usaha

Jelaskan kegunaan evaluasi usaha? Kegunaan dari adanya evaluasi usaha yaitu:
  • Untuk memperkecil resiko kegagalan investasi dan dapat memperbesar peluang keberhasilan investasi yang bersangkutan.
  • Untuk memandu pemilik dana untuk dapat mengoptimalkan penggunaan dana yang dimiliki.

Tahap Tahap Evaluasi Usaha

Tahap-tahap evaluasi kelayakan usaha yaitu sebagai beirkut ini:
  1. Analisa Aspek Pasar yaitu untuk mengetahui berapa besar luas pasar, pertumbuhan permintaan dan pangsa pasar dri produk yang bersangkutan.
  2. Analisa Aspek Teknis yaitu untuk menentukan jenis teknologi yang paling sesuai dengan kebutuhan usaha yang sedang dikaji.
  3. Analisis Aspek finansial yaitu untuk mengetahui karakteristik finansial dari suatu perusahaan melalui data-data akuntansinya.

Demikian yang bisa saya jelaskan kepada anda tentang pengertian Evaluasi usaha. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru