Pengertian Pengendalian Pemasaran

Advertisement
Pengertian pengendalian pemasaran - Setelah melakukan perencanaan, pengorganisasian, serta pengimplementasian atau pelaksanaan strategi pemasaran maka selanjutnya yaitu melakukan pengendalian atau evaluasi terhadap strategi pemasaran. Pengendalian pemasaran merupakan tahap yang terakhir dalam strategi pemasaran. Tahukah kamu apa itu pengendalian pemasaran? Seperti apakah definisi pengendalian pemasaran. Bagi kamu yang belum tahu di sini kami akan memberikan penjelasan tentang pengertian dan tujuan pengendalian pemasaran. Selain itu di sini juga akan kami berikan penjelasan tentang langkah langkah pengendalian pemasaran dan bentuk bentuk pengendalian pemasaran.
Pengertian Pengendalian Pemasaran

Pengertian Pengendalian Pemasaran

Pengendalian pemasaran adalah sebuah usaha mengoreksi dan selanjutnya memberikan petunjuk kepada pemasar dalam melaksanakan strategi pemasaran supaya pemasar selalu bertindak sesuai dengan apa yang sudah direncanakan. Dengan begitu maka bisa menghasilkan hasil yang optimal. Apabila dalam melakukan evaluasi ditemukan suatu penyimpangan-penyimpangan, maka pemasar haruslah bisa menemukan serta menyiapkan rencana-rencana cadangan atau solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pengendalian pemasaran tersebut dilakukan dengan cara mengamati, memonitori, mengecek serta membandingkan kinerja pemasaran dengan strategi-strategi pemasaran yang sudah dibaut sebelumnya.
Atau Pengertian pengendalian pemasaran yaitu usaha memberikan petunjuk pada para pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan rencana. Di dalam manajemen pemasaran dikenal istilah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan perangkat/ alat pemasaran taktis yang berupa produk, harga, distribusi, dan promosi yang dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan respons yang diinginkan dalam pasar sasaran.

Tujuan Pengendalian Pemasaran

Tujuan pengendalian pemasaran yaitu untuk mengevaluasi kinerja dengan strategi yang telah dibaut selain itu untuk menentukan strategi yang lebif efektif yang akan digunakan dalam periode berikutnya.

Langkah Langkah Pengendalian Pemasaran

Langkah langkah dalam pengendalian pemasaran yaitu:
  • Menentukan standar yang dilakukan secara bersamaan pada saat proses perencanaan strategi pemasaran.
  • Pemeriksaan atau supervisi kegiatan..
  • Mengukur kinerja.
  • Membandingkan kinerja dengan standar.
  • Menemukan penyebab atau alasan penyimpangan.
  • Mengoreksi.

Bentuk bentuk Pengendalian Pemasaran

Bentuk bentuk pengendalian pemasaran yaitu sebagai berikut:
  • Pengendalian operasional (rencana tahunan) adalah pengendalian dengan menilai kinerja yang berlangsung dengan rencana tahunan yang sebelumnya sudah dibuat dan mengambil tindakan perbaikan apabila perlu. Tujuan hal ini yaitu untuk memastikan bahwa perusahaan sudah mencapai pada tingkat penjualan, laba serta sasaran lain yang sudah ditetapkan dalam rencana tahunannya.
  • Pengendalian profitabilitas adalah pengendalian dengan mengukur profitabilitas aktual berdasarkan jenis produk, saluran distribusi, kelompok pelanggan serta besaran pemasaran.
  • Pengendalian strategi adalah pengendalian dengan cara memastikan apakah rencana atau strategi yang sudah disusun cukup efektif dengan kondisi pasar saat tertentu.

Itulah pengertian pengendalian pemasaran. Semoga apa yang kami jelaskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru