--> Skip to main content
Menu

Pengertian Implementasi Pemasaran dan Tahapannya

Pengertian implementasi pemasaran – Dalam bidang pemasaran atau marketing ada yang namanya manajemen pemasaran, perencanaan pemasaran dan implementasi pemasaran. Untuk manajemen pemasaran dan perencanaan pemasaran sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Sedangkan yang akan kami bahas di sini yaitu tentang apa yang dimaksud implementasi pemasaran. Nah sudah tahukah kamu seperti apa definisi implementasi pemasaran? Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa arti implementasi pemasaran, bisa menyimak penjelasan yang akan kami jelaskan di sini. Dengen menyimak penjelasan ini kami berharap kamu semua bisa memahami apa itu implementasi pemasaran.

Pengertian Implementasi Pemasaran

Pengertian Implementasi Pemasaran

Implementasi pemasaran adalah proses yang mengubah strategi dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran. Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara efektif melaksanakan rencana pemasaran. Bidang manajemen pemasaran menitikberatkan pada kegiatan untuk meraih pasar sehingga produk barang atau jasa yang dihasilkan dapat diterima oleh konsumen dengan baik.

Supaya implementasi pemasaran bisa terarah, maka rencana pemasara harus diterjemahkan ke dalam kebijakan serta prosedur organisasional seperti pengadaan bahan baku, sumber daya manusia, penelitian pasar, dan juga produksi. Keberhasilan implementasi banyak ditentukan oleh adanya kemampuan mengkomunikasikan secara efektif langkah demi langkah yang dibutuhkan dalam pelaksanaan. Dalam organisasi khususnya departeman pemasaran, setiap orang mempunyai jenis peran yang tidak sama. Perlu di ketahui, meskipun perencanaan sudah dibuat begitu brillian, namun bisa saja tidak membuat perubahan apapun terhadap organisasi, karena itulah untuk memastikan keberhasilan implementasi pemasaran, tim marketing haruslah mengubah rencana serta strategi pemasaran menjadi tindakan yang lebih efektif, kemudian berfokus pada setiap tahap dari proses pelaksanaan.

Tahapan Implementasi Strategi Pemasaran

Berikut ini adalah Tahapan Implementasi Strategi Pemasaran:

  • Persiapan implementasi
  • Implementasi strategi pemasaran
  • Pengendalian kinerja pemasaran
  • Evaluasi kinerja pemasaran
  • Pengukuran kinerja pemasaran
  • Kaji ulang strategi pemasaran

Bagaimana sekarang anda sudah mengerti kan tentang apa pengertian implementasi pemasaran itu? semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini bermanfaat ya.