Pengertian Metode Demonstrasi

Advertisement
Pengertian Metode Demonstrasi – Apa itu metode demonstrasi? Biasanya karyawan baru dalam sebuah perusahaan dilakukan yang namanya trainig atau pelatihan. Dalam melakukan training sendiri terdapat berbagai macam metode diantaranya ialah metode on the job training, metode vestibule, metode demonstrasi, metode simulasi, metode appreticeship, dan metode ruang kelas. Untuk metode on the job training, metode vestibule sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Nah untuk kali ini yang akan kami bahas yaitu metode demonstrasi. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan metode demonstrasi? Mungkin diantara kamu masih ada yang belum tahu seperti apa yang dimaksud metode demonstrasi dan belum bisa memberikan definisi metode demonstrasi. Untuk itulah di sini kami akan menjelaskan maksud metode demonstrasi agar nantinya kamu bisa menjelaskan arti dari metode demonstrasi.
Pengertian Metode Demonstrasi

Pengertian Metode Demonstrasi

Metode Demonstrasi adalah metode training/ pelatihan pegawai yang melibatkan penguraian dan memeragakan sesuatu melalui contoh-contoh sebagai alat bantu untuk mengajarkan pegawai baru. Metode ini sangat mudah bagi manajer dalam mengerjakan pegawai baru mengenai aktivitas nyata pekerjaannya melalui suatu tahap perencanaan hingga apa yang dihasilkan dari perencanaan tersebut. Metode ini sangat efektif, karena lebih mudah menunjukkan kepada peserta cara mengerjakan suatu tugas, serta dikombinasikan dengan alat bantu belajar seperti gambar, teks materi, ceramah, diskusi agar lebih mudah dalam melakukan pelatihan.

Dalam metode demonstrasi, pelatih haruslah memberikan peragaan/ contoh mengenai cara melakukan pekerjaan/ cara bekerja suatu mesin/ alat. Metode ini sangat efektif karena peserta memperoleh teori dan praktek seccara langsung sehingga transfer belajar akan lebih mudah. Selain itu metode ini juga tidak memerlukan fasilitas yang terpisah. Tetapi kelemahan dari metode ini yaitu dalam pemberian contoh peserta atau karyawan turut campur dengan pekerjaan sehingga apabila melakukan kesalahan bisa merusak peralatan yang ada dan akan menghambat pekerjaan.

Demikain penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian metode demonstrasi. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian dapat memberikan manfaat.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru