Pengertian Metode Vestibule Training

Advertisement
Pengertian metode vestibule training – Apa itu metode vestibule training? Dalam sebuah training terdapat bermacam-macam metode diantaranya yaitu metode on the job training, metode vestibule, metode demonstrasi, metode simulasi, metode appreticeship, dan metode ruang kelas. Untuk metode on the job training sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Sedangkan untuk untuk metode vestibule akan kami bahas dalam artikel ini. Sedangkan metode yang lain aan kami bahas dalam artikel selanjutnya. Seperti apa yang dimaksud metode vestibule training dan apa tujuannya? Seperti apa contoh metode vestibule, apa kelebihan dan kekurangan metode vestibule training? Bagi kamu yang ingin tahu mari simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Metode Vestibule Training

Pengertian Metode Vestibule Training

Metode vestibule adalah sebuah metode yang digunakan untuk melakukan training/ pelatihan pekerja. Metode vestibule adalah metode yang menggunakan sebuah tempat terpisah atau ruangan isolasi yang digunakan sebagai tempat pelatihan bagi pegawai baru/ calon pekerja yang akan menduduki suatu pekerjaan. Metode vestibule merupakan metode pelatihan yang sangat cocok untuk banyak peserta (pegawai baru) yang dilatih dengan jenis pekerjaan yang sama dan dalam waktu yang sama pula.

Biasanya pelaksanaan metode ini dilakukan dalam waktu beberapa hari hingga beberapa bulan dengan pengawasan instruktur, misalkan pelatihan pekerjaan, pengetikan klerek, dan operator mesin.
Atau pengertian Vestibule training yaitu suatu kegiatan yang memberikan pelatihan semacam kursus yang dilakukan di luar lingkungan kerja. Pelatihan dan pendidikan yang diberikan pada metode training ini tidak jauh berbeda dengan pekerjaan yang nantinya akan digeluti oleh para peserta training ini.

Tujuan Metode Vestibule Training

Supaya pelatihan/ training tidak mengganggu operasional rutin yang ada dalam perusahaan. Sehingga tempat yang digunakan untuk pelatihan metode vestibule training dibuat terpisah dengan kegiatan operasional namun menggunakan peralatan yang sama seperti yang digunakan dalam pekerjaan operasional. Dengan metode inilah dapat memungkinkan adanya transfer, repitisi dan partisipasi serta material perusahaan bermakna dan umpan balik.

Contoh Metode Vestibule Training

Sebuah perusahaan akan menerapkan vestibule training. Maka perusahaan akan menyediakan lokasi tertentu untuk meniru kegiatan-kegiatan kerja yang berlangsung dalam perusahaan yang bersangkutan. Namun karena lokasi ‘meniru’ itu disediakan di tempat yang khusus maka kegiatan-kegiatan kerja yang sebenarnya tidak akan terganggu sama sekali.

Kelebihan Metode Vestibule

Kelebihan dari metode vestibule training yaitu adanya penerapan partisipasi, pengalihan keterampilan dan repetisi sebagai prinsip belajar. Selain itu peserta pelatihan bisa segera menerima umpan balik menganai hasil pelatihan yang baru saja ia ikuti. Dengan metode ini, seorang peserta bisa terhindar dari tekanan serta kebingungan sehingga bisa lebih berkonsentrasi terhadap materi. Manfaat yang lain yang tak kalah penting yaitu bahwa apabila pegawai yang sedang mengikuti pelatihan melakukan kesalahan dalam melakukan pekerjaannya, kesalahan tersebut segera diperbaiki tanpa merusak citra perusahaan. Dengan begitu perusahaan bisa terhindar dari kerugian akbiat adanya kesalahan yang mungkin dilakukan pekerja dalam pekerjaan yang sebenarnya.

Kelemahan Metode Vestibule

Perlunya ketersediaan perusahaan dalam menyiapkan ruang khusus dan peralatan sebagai sarana pelatihan/ training yang tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Demikian penjelasan yang bisa kami berikan tentang pengertian metode vestibule. Semoga apa yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat. 
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru