Pengertian Metode Ruang Kelas

Advertisement
Pengertian metode ruang kelas – Dalam sebuah training/ pelatihan yang dilakukan oleh perusahaan terhadap karyawan baru, terdapat berbagai macam metode yang digunakannya. Beberapa metode training tersebut diantaranya yaitu metode on the job training, vestibule, demonstrasi, simulasi, appreticeship, dan ruang kelas. Nah kali ini kami akan membahas tentang metode pelatihan ruang kelas, untuk metode yang lain sudah kami bahas dalam artikel sebelumnya. Seperti apa itu metode ruang kelas? Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud metode pelatihan ruang kelas? Jika belum tahu silahkan simak penjelasannya berikut ini.
Pengertian Metode Ruang Kelas

Pengertian Metode Ruang Kelas

Metode Ruang Kelas merupakan metode training yang dilakukan di dalam kelas walaupun dapat dilakukan di area pekerjaan. Aspek-aspek tertentu dari seluruh pekerjaan lebih mudah untuk dipelajari dalamm ruang kelas dibanding dengan on the job. Trlebih hal tersebut benar apabila, falsafah, sikap, konsep-konsep, teori-teori dan kemampuan dalam memecahkan masalah harus dipelajari. Metode ruang kelas adalah kuliah, konferensi, studi kasus, bermain peran dan pengajaran berprogram (programmed intruction).

Macam-macam Metode Pelatihan Ruang Kelas

Dalam metode pelatihan ruang kelas terdapat beberapa macam metode yang dapat digunakan yaitu sebagai berikut in:
  • Metode kuliah. Metode kuliah adalah sebuah ceramah yang disampaikan secara lisan dengan tujuan-tujuan pendidikan.
  • Metod konferensi. Metode konferensi ialah sebuah pertemuan formal tempat terjadinya konsultasi atau diskusi mengenai sesuatu yang penting. Konferensi lebih menekankan adanya diskusi kelompok kecil, materi yang terorganisasi serta melibatkan peserta untuk aktif.
  • Metode studi kasus. Studi kasus yaitu uraian secara tertulis maupun lisan mengenai masalah yang ada ataupun keadaan selama waktu tertentu yang nyata ataupun secara hipotesis. Dalam metode ini, setiap peserta dimintai untuk mengidentifikasi masalah-masalah dan merekomendasikan pemecahan masalah.
  • Metode bermain peran. Peran adalah sebuah bentuk perilaku yang diharapkan. Peserta diberitahukan tentang sesuatu peran serta kesan yang harus mereka mainkan.
  • Bimbingan berencana (programmed Instruction). Metode bimbingan berencana terdiri atas serangkaian langkah yang fungsinya sebagai sebuah pedoman dalam melakukan sebuah pekerjaan atau sekelompok pelaksana pekerjaan.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan tentang pengertian metode ruang kelas dalam training. Semoga apa yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat memberikan manfaat kepada anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru