Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pengertian pembangunan berwawasan lingkungan – Seperti apa itu pembangunan berwawasan lingkungan? Bisakah kamu menerangkan tentang apa yang dimaksud dengan pembangunan berwawasan lingkungan? Mungkin bagi sebagian diantara kamu ada yang sudah bisa menerangkan tentang apa yang dimaksud pembangunan berwawasan lingkungan, namun tentunya ada juga yang belum bisa menerangkan definisi dari pembangunan berwawasan lingkungan. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan menerangkan tentang definisi pembangunan berwawasan lingkungan kepada kamu yang belum tahu tentang arti pembangunan berwawasan lingkungan. Langsung saja di bawah ini penjealsan tentang arti dari pembangunan berwawasan lingkungan.
Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pengertian Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Pembangunan berwawasan lingkungan adalah upaya untuk mengelola dan memanfaatkan sumber daya untuk meningkatkan kesejahteraan manusia dengan memperhatikan faktor lingkungan hidup. Sumber daya yang mendukung pembangunan sebagai berikut.
  • Sumber daya manusia, meliputi jumlah penduduk, pendidikan, kesehatan, keterampilan, dan kebudayaan.
  • Sumber daya alam, meliputi air, tanah, udara, hutan, kandungan mineral, dan keanekaragaman hayati.
  • Ilmu pengetahuan dan teknologi, meliputi transportasi, komunikasi, teknologi, ilmu pengetahuan, dan rekayasa.

Dalam pelaksanaan pembangunan, lingkungan sangat berpengaruh terhadap pembangunan karena lingkungan berfungsi sebagai penopang pembangunan. Semua komponen dalam proses pembangunan berasal dari alam dan hasil akhirnya pun nanti akan kembali ke alam dalam bentuk barang sisa, sehingga pembangunan dan lingkungan sangat berikatan erat.

Tujuan Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Tujuan pembangunan berwawasan lingkungan adalah supaya masyarakat yang memanfaatkan sumber daya alam tidak akan merusak lingkungan. Untuk itulah dalam melakukan pengelolaan sumber daya alam perlu memperhatikan keadaan lingkungan supaya ekosistem yang ada dalam lingkungan tidak terganggu. Sumber daya alam adalah penopang bagi kehidupan penduduk yang kelestariannya perlu untuk dijaga, dikarenakan kebutuhan pemenuhan tersebut akan terus berkelanjutan. Dalam melakukan pembangunan dengan memanfaatkan serta mengelola sumber daya alam diperlukan ilmu pengetahuan dan juga teknologi yang tidak dapat merusak ekosistem.

Hakikat Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Jelaskan hakikat pembangunan berwawasan lingkungan? Berikut ini adalah hakikat pembangunan yang berwawasan lingkungan:
  • Inventarisasi sumber daya alam.
  • Menilai dampak terhadap lingkungan hidup.
  • Pemerataan teknologi yang memadai.
  • Pendayagunaan wilayah dengan tidak merusak lingkungan hidup.
  • Rehabilitasi sumber daya alam.

Ciri-ciri Pembangunan Berwawasan Lingkungan

Ciri-ciri pembangunan berwawasan lingkungan yaitu:
  • Pembangunan berwawasan lingkungan tidaklah sekedar mmenyangkut pengendalian perubahan sumber daya alam secara fisik saja.
  • Memberikan sebuah kemungkinan bagi setiap warg untuk ikut menentukan pilihan berbagai ragam hidup, tidak hanya sekedar meningkatkan taraf hidup yang berupa materi ataupun hanya meningkatkan mutu taraf hidup.
  • Melakukan langkah-langkah yang bisa menimbulkan perilaku yang berperan serta masyarakat secara luas dalam pembinaan etika lingkungan, sehingga akan tercipta suatu keadaan yang selaras serta serasi dengan wawasan lingkungan hidup.
  • Berhubungan erat dengan pengaturan ekonomi serta sosial bagi warga ataupun bagi lembaga.
  • Diharapkan pembangunan bisa mendapatkan hasil yang optimum serta berkesinambungan dalam hal usaha peningkatan kesejahteraan rakyat.
  • Mencegah adanya akibat sampingan yang dapat merugikan masyarakat.

Itulah Pengertian Pembangunan, demikian yang bisa saya jelaskan dalam blog temukan pengertian semoga penjelasan di atas dapat dengan mudah anda pahami.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru