Pengertian Perencanaan Fasilitas Produksi

Advertisement
Pengertian perencanaan fasilitas produksi – Dalam proses produksi pada sebuah perusahaan ada yang namanya perencanaan fasilitas produksi. Tahkah anda apa itu perencanaan fasilitas produksi? Bagi anda yang pernah mempelajari tentang hal tersebut tentunya sudah bisa menjelaskan tentang yg dimaksud perencanaan fasilitas produksi. Namun bagi yang belum perntah mempelajarinya tentunya akan kesulitan jika di suruh menjelaskan definisi dari perncanaan fasilitas produksi. Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan jawaban dari pertanyaan tentang apakah yang dimaksud perencanaan fasilitas produksi itu. Selain itu di sini juga akan kami sebutkan tujuan perencanaan fasilitas produksi, juga akan kami sebutkan kegiatan dalam perencanaan fasilitas produksi dan ruang lingkup perencanaan fasilitas produksi. Langsung saja silahkan anda simak penjelasannya berikut ini.
Pengertian Perencanaan Fasilitas Produksi

Pengertian Perencanaan Fasilitas Produksi

Perencanaan fasilitas produksi adalah menentukan bagaimana suatu riset aset terhadap perusahaan digunakan secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan produksi. Perencanaan fasilitas produksi merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan sebelum dan sesudah perusahaan beroperasi. Perencanaan fasilitas produksi menentukan bagaimana sebuah aset tetap perusaahaan dipergunakan secara baik untuk menunjang tujuan yang akan dicapai sebuah perusahaan. Bagi sebuah perusahaan manufaktur, perencanaan fasilitas itu termasuk hal yang menentukan bagaimana fasilitas pabrik dipergunakan secara efektif dan efisien dalam menunjang kegiatan produksi.


Tujuan Perencanaan Fasilitas Produksi

Tujuan perencanaan fasilitas, antara lain:
  • Meningkatkan pengadaan dan penyimpanan bahan baku.
  • Menggunakan tenaga kerja, peralatan, ruang dan energi secara efektif.
  • Meminimalkan investasi modal.
  • Mempermudah pemeliharaan fasilitas.
  • Meningkatkan keselamatan dan kepuasan kerja.

Kegiatan Dalam Perencanaan Fasilitas Produksi

Sebutkan kegiatan dalam perencanaan fasilitas produksi? Perencanaan fasilitas produksi meliputi kegiatan-kegiatan berikut ini.
  • Menetapkan jenis barang yang akan diproduksi.
  • Menentukan proses produksi yang diperlukan.
  • Menentukan hubungan antar-departemen.
  • Menentukan kebutuhan ruangan untuk semua bagian dalam produksi.
  • Menyusun rencana fasilitas.
  • Pemeliharaan fasilitas.

Ruang Lingkup Perencanaan Fasilitas Produksi

Ruang lingkup perencanaan fasilitas produksi dapat dibedakan menjadi.

Demikian informasi tentang pengertian perencanaan fasilitas produksi. Semoga penjelasan yang kami tuliskan dalam blog temukan pengertian di atas dapat dengan mudah untuk dipahami dengan baik.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru